Sebelum Coating Mobil, Kenali Dulu Fungsi, Risiko, dan Harganya

Coating mobil awalnya bersifat eksklusif, langka, dan mahal. Tapi kini, coating mobil semakin umum, mudah dipakai, terjangkau, dan bisa kamu peroleh di butik modifikasi atau pengrajin mobil terdekat.

coating mobil

Semakin ke sini, kendaraan semakin berevolusi, begitu pula cara kamu merawat dan melindungi mobil. Aktivitas sehari-hari yang melibatkan mobil bisa membuat kendaraan kamu kotor, tergores, hingga karatan.

Selain mengambil langkah proaktif dengan membersihkan kotoran burung dan bensin tumpah, ada satu metode preventif yang bisa melindungi cat mobil dari goresan.

Dulu, kamu pakai carnauba wax semprot untuk melindungi body mobil dan membuat kendaraan roda empat lebih bersinar. Tapi sekarang ini, trend yang sedang populer adalah coating mobil.

Apa Itu Coating Mobil?

Coating mobil pada dasarnya adalah lapisan kedua yang melindungi cat mobil kamu. Umumnya, coating mobil disediakan oleh pengrajin mobil, butik mobil, atau bengkel cat mobil.

Lapisan pelindung ini diaplikasikan ke seluruh bagian body mobil yang berfungsi sebagai lapisan kedua. Coating mobil jauh lebih tipis dibandingkan cat mobil, sealant, atau car wax.

Car wax konvensional yang kamu kenal seperti carnauba wax biasanya akan hilang setelah beberapa bulan. Tapi coating mobil lebih awet, kuat, dan tahan goresan.

Faktanya, coating mobil bisa tahan 1 sampai 7 tahun tergantung coating yang kamu pilih. Sementara car wax normal, biasanya hanya bertahan 1 sampai 4 bulan.

Coating Mobil untuk Mobil Baru, Perlukah?

Kalau kamu beli mobil baru yang masih mengkilap, bersih, dan bersinar, bisa dipastikan body mobil tersebut baru saja dipoles sebelum dealer mengantarkan mobil kamu ke rumah.

Mobil baru bisa dilihat dari catnya yang masih mengkilap. Tentu saja, kamu ingin mobil kamu terus mengkilap selamanya.

Kalau awal-awal bulan beli mobil baru, mungkin kamu masih rajin bersih-bersih mobil dan memberi polesan. Tapi kenyataannya, kamu bosan dan lelah kalau harus terus memoles mobil.

Akibatnya setelah beberapa bulan, mobil kamu mulai terlihat kusam.

Di sinilah kamu mulai terpikir untuk coating mobil kamu di pengrajin mobil terdekat.

Coating mobil melindungi body dan cat mobil sehingga tetap mengkilap, tampak bersih, dan selalu baru.

Dan saat paling baik untuk coating mobil adalah segera setelah mobil kamu turun dari dealer!

Tapi kalau kamu baru kepikiran sekarang, tidak masalah. Kunjungi saja coating mobil terdekat. Kalau kamu cari coating mobil di wilayah Depok, Oke Body Repair siap bikin mobil lama kamu mengkilat lagi seperti baru!

Macam-macam Coating Mobil, Pilih yang Mana?

Perawatan mobil memang harus spesial. Sedikit saja goresan atau bahkan penyok, bakal bisa bikin kamu sakit hati. Coating mobil jelas bisa melindungi body mobil agar tetap tampak terawat.

Tapi, coating mobil apa saja yang bisa kamu pilih?

Coating Mobil Polymer atau Teflon

Teflon atau dikenal juga sebagai poly-tetra-fluoro-ethylene (PTFE) adalah fluoropolymer sintetik.

Dikenal sebagai Teflon karena formula PTFE yang paling terkenal adalah merk Teflon, produksi Chemours yang merupakan anak perusahaan DuPont.

Polymer atau Teflon ini sama dengan lapisan pelindung yang digunakan di wajan dan panci dapur supaya tidak lengket.

Coating mobil polymer lebih terjangkau kalau kamu mencari lapisan pelindung mobil. Tebal lapisan polymer biasanya sekitar 0,2 micron dan bisa awet 6 sampai 8 bulan, bahkan lebih kalau dirawat dengan tepat.

Polymer melindungi mobil kamu dari goresan-goresan halus danĀ  mengurangi goresan bulat tipis yang biasanya muncul di body mobil kamu ketika terkena sinar matahari.

Apakah Coating Mobil Polymer Cocok untuk Mobil Kamu?

Coating mobil polymer melindungi body mobil dari goresan, korosi, karat, dan berbagai dampak penggunaan sehari-hari.

Polymer tidak menyatu dengan cat mobil, tapi berfungsi sebagai lapisan pelindung di atas cat. Setelah diaplikasikan, coating mobil polymer mengurangi goresan halus secara signifikan dan membuat cat mobil lebih mengkilap.

Kelemahan polymer adalah daya tahannya. Teflon hanya bertahan sekitar 6 bulan. Agar lebih awet, hindari mencuci mobil dengan sabun kasar atau sabun dengan PH tinggi yang bisa merusak lapisan coating polymer.

Coating Mobil Keramik atau Nano Ceramic

Coating mobil keramik asli adalah perawatan dan perlindungan cat eksterior mobil yang bersifat nanoscopic dan luar biasa awet. Coating mobil keramik diaplikasikan dalam bentuk cair lalu membentuk lapisan pelindung keras di atas lapisan cat mobil.

Coating mobil keramik umumnya terbuat dari silikon dioksida yang berasal dari batu kristal quartz (SI02) dan pasir. Beberapa merk coating keramik mobil juga menggunakan titanium dioksida untuk membentuk lapisan yang lebih keras.

Tidak seperti Teflon yang membuat lapisan di atas cat, coating keramik menyatu dengan cat. Ketika coating keramik diaplikasikan ke cat mobil, coating ini membuat cat mobil jadi tahan air.

Permukaan yang tahan air karena coating mobil keramik ini berfungsi sebagai pelindung cat mobil dari debu, pasir, dan berbagai kotoran.

Coating mobil keramik juga menambah resistensi cat mobil terhadap barang-barang kimia, goresan, mengurangi kerak air dan jamur, mudah dibersihkan, dan mengurangi noda lumpur.

Merek coating mobil keramik yang terkenal antara lain Ceramic Pro, 3M Hypershield, CarPro Cquartz, dan Calgary.

Apakah Coating Mobil Keramik Cocok untuk Mobil Kamu?

Coating keramik jauh lebih tahan lama dibandingkan coating Teflon. Coating mobli keramik pada dasarnya menciptakan lapisan pelindung di atas cat mobil.

Karena menggunakan teknologi nano, coating keramik membentuk lapisan kedua yang melindungi cat mobil. Saking kecilnya ukuran coating ini, lapisan coating mobil keramik ini bisa masuk di sela-sela cat mobil.

Hasilnya, cat mobil kamu tahan air dan lebih awet dalam menghadapi debu, pasir, korosi, karat, oksidasi, dan sinar matahari. Kalau diaplikasikan dengan tepat, coating keramik bisa tahan seumur hidup mobil.

Harga coating mobil keramik mulai dari Rp 3 jutaan untuk mobil ukuran kecil hingga Rp 6 juta untuk ukuran besar dan jenis mobil mewah.

Alternatif coating mobil keramik adalah lapisan film anti gores PPF atau Paint Protection Film.

Coating Mobil Keramik atau Teflon, Mana yang Cocok?

Properti Coating Teflon Coating Keramik
Formula Teflon atau polytetrafluoroethylene (PTFE) yang biasa ditemukan pada alat masak rumah tangga. Menggunakan cairan polymer transparan, terbuat dari batu quartz dan pasir.
Ketebalan 0,02 micron jika diaplikasikan dengan tepat. 2 micron dan menciptakan coating keramik di atas lapisan cat mobil.
Perlindungan Melindungi cat mobil dari korosi, karat, goresan, dan memberi kilap bersih seperti baru. Melindungi cat mobil dari sinar matahari, goresan, goresan halus, oksidasi, noda, karat, korosi, dan membuat cat mobil anti-air (hydrophobic) serta mengkilap.
Keawetan Tahan 6 sampai 8 bulan, tergantung perawatan. Tahan 1 sampai 7 tahun. Kalau diaplikasikan oleh profesional dengan cara tepat, bisa bertahan seumur hidup mobil.
Harga Rp 1,5 jutaan Rp 3 juta sampai Rp 8 jutaan

 

Fungsi dan Efek Coating Mobil

Coating mobil memberi proteksi pada permukaan body mobil agar warna cat tahan lebih lama. Semakin sering digunakan, cat mobil akan semakin memudar karena sinar matahari, polusi, tumpahan zat kimia seperti bensin.

Langkah proaktif yang sebaiknya kamu lakukan dari sekarang adalah memberikan lapisan tambahan atau. Sudah banyak penggemar mobil membuktikan keampuhan coating mobil, bahkan di area dan iklim ekstrim.

Berikut ini adalah fungsi coating mobil untuk menjaga penampilan si Roda Empat tetap cantik;

#1. Memberi Perlindungan Terbaik

Coating mobil mampu memberikan perlindungan terbaik karena melindungi body mobil dari berbagai partikel asing yang menyebabkan kerusakan.

Setiap hari, mobil kamu harus menghadapi cobaan di jalan. Mulai dari baret dan goresan yang tidak disengaja, lumpur, debu, tanah, polusi, sinar matahari, tumpahan bensin, dan berbagai hal lainnya yang tidak mungkin dihindari.

Seiring waktu, warna cat mobil akan memudar karena terkontaminasi.

Coating mobil, baik coating polymer maupun keramik mampu membuat body mobil lebih tahan terhadap hal-hal tersebut, sekaligus membuat cat mobil mengkilap dan tampak seperti baru.

#2. Coating Lebih Tahan Lama

Jika dibandingkan dengan wax, coating lebih tahan lama, apalagi kalau kamu pilih coating keramik.

Kalau wax akan mudah hilang setelah 2 atau 3 kali cuci mobil, coating bisa tahan lebih lama.

Coating mobil polymer bisa tahan hingga 6 bulan selama tidak terkena komponen dengan PH rendah seperti kotoran burung atau cuaca ekstrim.

Sedangkan coating mobil keramik bisa tahan 1 sampai 7 tahun, bahkan seumur hidup mobil kalau diaplikasikan oleh profesional.

#3. Mobil Tetap Bersih

Cat mobil memiliki pori-pori yang tak kasat mata. Tapa coating, cat mobil akan terkontaminasi debu, polusi, dan zat kimia. Akibatnya, permukaan mobil bisa terasa kasar dan tidak rata.

Kalau kamu memilih coating keramik, partikel nano keramik akan masuk ke pori-pori cat mobil tersebut dan membentuk lapisan pelindung.

Karena tidak ada tempat bagi debu dan lumpur untuk menempel, maka partikel kotoran tidak akan melekat dan lebih mudah lepas.

Sebagian besar partikel kontaminasi yang biasa mobil kamu temui di jalanan tidak akan lengket ke permukaan mobil, lebih cepat lepas, dan mudah dibersihkan.

Hasilnya, mobil kamu tetap bersih meski melewati medan ekstrim.

#4. Tidak Perlu Wax Lagi

Pakai wax mobil setiap bulan itu masa lalu. Sekarang jamannya kamu pilih coating mobil untuk melindungi permukaan mobil. Wax mobil perlu kamu aplikasikan sepanjang tahun, sementara coating mobil hanya perlu sekali saja.

Kalau kamu pilih coating mobil keramik, tentu kamu tidak perlu lagi ke pengrajin mobil atau detailer minimal sampai 7 tahun. Selain itu, kamu juga tidak perlu lagi mengaplikasikan wax mobil!

#5. Lebih Murah, Sebenarnya

Harga coating mobil keramik memang ada di angka jutaan rupiah. Tapi coba pertimbangkan.

Wax mobil hanya tahan 1 sampai 3 bulan dan akan lepas setelah 2 atau 3 kali cuci. Setidaknya, kamu perlu wax lagi setiap 3 bulan.

Sekarang, hitung harga wax dan cuci mobil, lalu kalikan untuk jangka waktu 5 tahun. Berapa angkanya?

Bandingkan dengan coating mobil yang hanya perlu biaya besar di awal, tapi bisa tahan lebih dari 5 tahun.

Pada akhirnya, coating mobil lebih murah daripada harus cuci dan wax mobil setiap 4 bulan.

#6. Kelihatan Keren

Bagi penggiat dan penggemar mobil, memilih antara perlindungan mobil dan meng-upgrade penampilan mobil bisa jadi pilihan sulit.

Tapi, coating nano keramik memberi solusi untuk keduanya sekaligus.

Dengan coating nano keramik, mobil terlindungi, mengilap, bersinar, dan lebih bersih.

Karena coating mobil keramik lebih tahan lama dan membuat mobil tampak jauh lebih menawan, kebanyakan penggemar mobil memiliki coating jenis ini. Oke Body Repair pun menyarankan coating nano keramik agar body mobil terlindungi, dan terus tampak seperti baru meski sudah bertahun-tahun digunakan.

Resiko Coating Mobil

Di balik kelebihan coating mobil yang sudah kamu pahami di atas, ada pula resiko yang harus kamu ketahui.

Mengaplikasikan coating mobil sangat sulit dan perlu ketelitian tinggi. Proses coating mobil terdiri dari beberapa tahapan yang saling berkaitan agar bisa menghasilkan lapisan perlindungan yang tahan lama, awet, dan sesuai harapan.

Salah-salah, kamu harus keluar biaya dua kali karena cara yang salah.

Proses coating mobil memerlukan bahan dan alat-alat lengkap untuk membersihkan kotoran dan kerak yang menempel pada body mobil.

Setidaknya, ada 5 tahapan yang harus dilakukan sebelum mengaplikasikan coating mobil.

Cara Coating Mobil

Langkah pertama adalah mencuci mobil dengan cara yang benar. Tidak hanya sekadar mencuci dengan spons biasa dan sabun, tapi harus menggunakan shampo khusus mobil dan menggunakan alat khusus untuk mencuci body mobil.

Lalu, jangan mencuci mobil di bawah terik matahari langsung karena akan membuat sabun cepat kering. Akibatnya, malah muncul noda bercak.

Langkah kedua, kamu harus membersihkan bercak-bercak pada mobil dengan teliti. Tidak boleh ada yang tertinggal karena nantinya kamu harus mengulang pekerjaan dua kali.

Langkah ketiga dan keempat, kamu bisa mulai polishing dengan menggunakan mesin polish, disusul dengan membersihkan sela-sela eksterior kendaraan seperti emblem, handle pintu, dan sebagainya.

Barulah di langkah kelima, kamu bisa mulai coating mobil sesuai pilihan.

Repot?

Kalau kamu tidak punya peralatan memadai, kunjungi saja jasa coating mobil terdekat seperti Oke Body Repair yang terletak di depok.

Harga Coating Mobil

Bicara masalah harga, tentu ada banyak faktor yang menentukan tinggi rendahnya biaya coating mobil. Beberapa faktor tersebut antara lain;

  • Pamor detailer atau salon mobil yang kamu pilih.
  • Jenis coating mobil yang kamu mau.
  • Merek coating mobil yang kamu inginkan.
  • Ukuran dan jenis mobil.

Umumnya, harga coating mobil di Jakarta berkisar antara Rp 3 juta sampai Rp 8 juta. Tentu masih bisa naik sampai belasan juta kalau mobil kamu termasuk mobil mewah.

Tapi, jangan khawatir. Konsultasikan pilihan coating mobil kamu dengan salon mobil terdekat. Umumnya, mereka bersedia memberikan pilihan-pilihan alternatif kalau budget kamu tidak mencukupi.

Siap Coating Mobil Hari Ini?

Coating mobil memberi proteksi tambahan pada mobil kesayangan kamu. Selain perlindungan ekstra, coating mobil membuat mobil kamu tampak selalu baru.

Bahkan kalau mobil kamu termasuk motuba alias mobil tua bangka, penampilannya masih bisa dipulihkan dengan coating mobil. Setelah coating diaplikasikan, body mobil akan tahan lama.

Cat mobil awet lebih lama meski kamu pakai panas-panasan setiap hari di jalan, dan kehujanan ketika diparkir di depan rumah.

Partikel seperti debu, pasir, lumpur, kotoran burung, tumpahan bensin, minyak, dan polutan lain lebih mudah lepas dan dibersihkan tanpa merusak coating.

Tidak ada lagi bercak air, bekas lumpur, dan permukaan mobil tidak rata. Coating mobil mengatasi sebagian besar masalah eksterior mobil.

Oke Body Repair mengerjakan cat mobil, polish, coating mobil, dan layanan salon mobil untuk mobil perdana kamu yang baru kemarin turun dari dealer, maupun motuba favorit kamu supaya mengkilat lagi seperti baru.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *