4 Urutan Lapisan Cat Mobil, Wajib Diketahui

4 Urutan Lapisan Cat Mobil, Wajib Diketahui

4 Urutan Lapisan Cat Mobil, Wajib Diketahui – Dalam proses pembuatan mobil tentu ada yang namanya finishing. Dimana pada proses ini mobil akan mengalami pengecatan. Namun, biasanya hal ini dilakukan ketika kendaraan tersebut sedang dalam perbaikan bodi mobil. Untuk itu, agar mobil terlihat maksimal, harus tahu urutan lapisan cat mobil.

Pengertian Cat Mobil 

Cat mobil ialah lapisan paling luar yang ada pada bodi mobil. Selain itu, cat mobil juga berfungsi untuk melindungi plat mobil dari segala cuaca serta melindungi mobil dari karatan. 

Seiring berjalannya waktu, cat mobil juga sering mengalami perubahan-perubahan tertentu mengikuti arus teknologi yang semakin modern. Jika dulunya cat mobil ini hanya menggunakan kuas (pada tahun 1880) maka saat ini pengecatan mobil memasuki tahap modern yaitu full robotic untuk memoles kendaraan roda empat tersebut. 

Merk Cat Mobil Terbaik

Cat mobil memang sudah berjalan mengiringi arusnya sesuai dengan perubahan teknologi dari masa ke masa. Sehingga, adanya cat mobil ini menjadi pelengkap mobil untuk melindunginya dari segala hal-hal buruk yang bisa saja terjadi. Selain itu, adanya cat mobil juga berfungsi baik untuk menambah penampilan mobil menjadi lebih elegan dan indah saat dipandang. 

Sayangnya, terkadang kita bosan dengan warna mobil yang netral. Bahkan, seringkali merasa jenuh dengan warna cat mobil yang sama dari tahun ke tahun. Agar terhindar dari rasa bosan dan jenuh maka Anda perlu mengganti cat mobil tersebut. Karena, pada saat ini sudah banyak sekali merk cat mobil bagus yang beredar. Berikut merk cat mobil terbaik yang bisa digunakan  untuk memoles mobil kesayangan Anda;

Baca juga : Rekomendasi Bengkel Body Repair Jakarta Selatan

1. Cat Rust-Oleum Auto Body Paint

Cat ini sangat terkenal dan populer akan kualitasnya. Dimana, cat ini akan menghasilkan warna solid yang mengkilap. Tidak hanya itu cat ini juga sangat kokoh hingga tidak mudah untuk mengelupas. Cat ini mempunyai 4 pilihan warna yaitu;

  •  Light Gray. 
  • Performance Red. 
  • Jet Black. 
  • Gold Metallic. 
  • Royal Blue. 

2. Cat Danapaint Danagloss

Merk Danapaint sudah tidak bisa diragukan lagi, apalagi dari segi kualitasnya. Dimana cat ini sudah banyak digunakan oleh banyak perusahaan. Selain itu, Danapaint juga mempunyai warna yang cerah dan tajam. 

 

4 Urutan Lapisan Cat Mobil 

Dalam mengecat mobil tentu ada beberapa lapisan yang harus Anda perhatikan. Mengecat mobil juga harus teliti dan tidak boleh asal poles. Hal ini bertujuan agar mobil tetap terlihat indah serta ketahanan mobil dari cuaca dan karatan bisa diantisipasi. Adapun urutan lapisan mengecat mobil antara lain:

1. Lapisan anti karat

Lapisan anti karat ini biasanya akan menempel pada permukaan dari plat mobil. Selain itu, lapisan ini berfungsi untuk merawat bodi mobil agar tidak mudah karatan. 

2. Lapisan Primer Coat

Kedua, urutan lapisan cat mobil yaitu disebut dengan primer coat. Lapisan ini berfungsi untuk meratakan lapisan anti karat yang kurang rata. 

3. Lapisan Top Coat atau Colour Coat

Lapisan ini bisa disebut sebagai finishing karena Anda bisa memilih warna sesuai dengan keinginan. Sayangnya lapisan ini memiliki warna yang tidak mengkilap dan kurang tahan terhadap sinar ultraviolet. 

4. Lapisan Clear Coat 

Lapisan ini memiliki warna transparan namun mampu melindungi mobil dari sinar UV. Hebatnya, lapisan ini juga bisa melindungi bodi mobil secara keseluruhan. 

Itulah 4 urutan lapisan cat mobil yang bisa Anda ketahui. Dalam mengecat mobil tentu harus dilakukan oleh profesional agar lapisan tersebut bisa berfungsi dengan baik dan efektif.

Keseluruhan lapisan tersebut akan menunjang hasil akhir pengecatan mobil dan juga daya tahan cat tersebut berada di mobilmu. Untuk pengerjaan cat mobil yang rapi dan bagus, hubungi 0812-5972-7788 sekarang juga agar bisa dilayani segera.