Ini Dia 3 Penyebab Cat Mobil Kusam

Ini Dia 3 Penyebab Cat Mobil Kusam

Ini dia 3 Penyebab Cat Mobil KusamKesal karena cat mobil kamu kusam dan kehilangan kilaunya? Padahal kamu sering banget melakukan pencucian rutin. Nah sepertinya kamu perlu tau nih apa-apa saja sih penyebab cat mobil kusam. Sebab ternyata melakukan pencucian rutin saja tidak cukup lho untuk membuat cat mobil kamu tetap kinclong. Bisa jadi ada kesalahan ketika kamu mencucinya atau memang kebiasaan-kebiasaan lain yang menjadi penyebabnya. So, penjelasan berikut ini akan sangat menarik untuk kamu simak.

Ini dia 3 penyebab cat mobil kusam dan tips cara mengatasinya. 

Memarkir Mobil di bawah Terik Matahari Langsung

Umumnya, cat mobil yang baik dan terawat dapat tetap kinclong selama beberapa tahun setelah pemakaian pertama. Jika mobil dijaga dengan baik, catnya biasanya bisa tetap terlihat mulus selama 3-5 tahun setelah pembelian. Namun, perlu kamu ingat bahwa ini dapat bervariasi tergantung pada beberapa faktor salah satunya paparan sinar matahari yang intens. 

Coba deh kamu ingat-ingat lagi seberapa sering kamu memarkir mobil di bawah terik matahari? Seberapa sering mobilmu kamu biarkan kepanasan tanpa ada atap peneduh? Duh, ternyata ini berpengaruh besar lho terhadap kondisi cat mobil kamu. Karena oh karena paparan sinar UV pada matahari ini memicu reaksi kimia pada cat pelapis mobil yang menyebabkan pigmen cat tersebut teroksidasi. Itulah salah satu faktor yang menjadi penyebab cat mobil kusam. Maka sebaiknya kamu menghindari memarkir mobil di bawah terik matahari terlalu sering atau terlalu lama tanpa adanya atap peneduh.

Baca juga : Restorasi Mobil Adalah

Cara Mencuci Mobil yang Tidak Tepat

Tau gak sih sob? Salah satu penyebab cat mobil kusam bisa jadi karena kesalahan-kesalahan kecil ketika kamu mencucinya. Misal saja, penggunaan spons atau sikat yang kasar sehingga seringkali meninggalkan goresan pada body mobil. Atau dari kesalahan lain seperti pemilihan sabun cuci yang dinilai keras dan abrasif diantaranya menggunakan sabun cuci piring, ataupun deterjen. Bahan-bahan dalam kandungan sabun tersebut tidak cocok untuk mencuci mobil sebab dapat menyebabkan perubahan kimia pada cat dan membuatnya mudah pudar atau mengelupas. Selain itu, mencuci mobil ketika permukaannya masih panas juga sebaiknya kamu hindari sob. Yap, mencuci saat permukaan mobil masih panas akan membuat air sabun cepat mengering, lalu meninggalkan noda/ bercak pada cat mobil. Jadi mulai sekarang perhatikan lagi ya bagaimana cara kamu mencuci mobil. 

Adanya Noda Jamur Pada Lapisan Cat

Tentu! Noda jamur pada cat mobil bisa jadi penyebab cat mobil kusam dan pudar, dan itu nggak keren, bro! Jamur yang menempel pada cat mobil bisa menutupi permukaannya dan merusak kilau dan kecerahan cat. Pastinya kamu mau dong tampilan mobil yang tetap kinclong?  Nah, noda jamur ini sering muncul di daerah yang lembab atau basah terus-menerus. Kelembaban ini jadi kondisi sempurna buat jamur tumbuh di cat mobil kamu. Makanya, penting banget buat segera membersihkan dan menghilangkan jamur yang ada. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan cairan pembersih khusus untuk mengatasi noda jamur pada cat mobil. Jangan lupa juga untuk melapisi atau memoles cat mobil dengan wax atau sealant supaya warna cat tetap terawat dan kinclong tanpa kusam. 

Teruntuk kamu yang punya masalah pada mobil, sudah saatnya kenalan dengan Oke Body Repair! mitra terpercaya untuk mengembalikan tampilan mobil-mu seakan baru kembali. Kami menawarkan berbagai layanan eksklusif yang mencakup body repair, repaint, salon mobil detailing, dan restorasi mobil. Dengan staf profesional dan berpengalaman, kami menjamin hasil yang dan kepuasan pelanggan yang maksimal. So, gak perlu khawatir lagi deh dengan penyebab cat mobil kusam dan pudar, Oke Body Repair siap membantu! Untuk reservasi dan  info lebih lanjut, silakan hubungi nomor berikut ini 0812-5972-7788.