sebab body mobil berkarat

Ini Dia, Sebab Body Mobil Berkarat yang Perlu Kamu Hindari!

Banyak hal bisa menjadi sebab body mobil berkarat yang kemudian mengurangi sisi estetikanya. Selain kamu perlu memperhatikan kesehatan mesinnya, kamu juga perlu memberi perhatian pada detail lainnya. Salah satu aspek yang sering diabaikan oleh pemilik mobil adalah perawatan body kendaraan itu sendiri. Body mobil, sebagai pelindung utama dari faktor eksternal, membutuhkan perawatan ekstra agar tetap terhindar dari karat. Pada artikel ini kita akan bahas sebab body mobil berkarat, dan bagaimana mengatasinya. Simak penjelasannya sampai akhir ya.

Faktor penyebab body mobil berkarat

Mobil yang berkarat sudah pasti akan mengganggu keyamanan, bagi pengguna maupun bagi yang memandangnya. So, Berikut penyebab-penyebab kenapa body mobil bisa berkarat: 

  1. Air dan Kelembaban: Air adalah penyebab utama karat pada logam. Saat air mengenai permukaan logam dan tidak segera mengering, maka akan terjadi proses korosi (pengikisan logam). Kelembaban udara yang tinggi juga dapat mempercepat proses ini.
  2. Mobil yang kotor karena penumpukan debu dapat memunculkan zat perusak yang menyebabkan karat pada logam. Itulah mengapa jangan biarkan mobil kamu berdebu terlalu lama.  
  3. Kerusakan pada cat mobil. Ternyata hal itu berpengaruh loh guys, Jika cat yang mengelupas, tergores atau rusak, maka logam di bawahnya menjadi lebih mudah berkarat. Itulah kenapa sebaiknya lakukan perawatan segera pada kasus cat mobil yang rusak, supaya tidak merambah ke kerusakan yang lebih fatal. 
  4. Paparan langsung terhadap cairan kimia seperti asam atau bahan korosif lainnya mampu menyebabkan kerusakan logam dan timbulnya karat. 
  5. Benturan pada body mobil dapat merusak lapisan cat, dan jika tidak diperbaiki dengan baik, hal ini dapat memicu munculnya karat. 

Itu tadi faktor penyebabnya yang perlu kamu ketahui. Tetapi tidak dapat kita pungkiri bahwa usia kendaraan juga bisa menjadi sebab body mobil berkarat. Namun poin yang perlu kamu ingat yaitu lakukanlah perawatan rutin, dan perbaikan segera jika ada kerusakan. Karena jika kamu abaikan maka akan menjadi kerusakan yang lebih parah. 

Cara Mengatasi Body Mobil Berkarat

Mengatasi body mobil yang terkena karat adalah tugas yang memerlukan perhatian dan keterampilan khusus. Pertama-tama, identifikasi bagian mana yang ada karatnya dan perlu perbaikan. Tahap ini bertujuan menentukan area yang memerlukan perbaikan.

Setelah itu, gunakan alat seperti sikat kawat atau amplas untuk membersihkan karat dari permukaan logam. Pastikan semua karat hilang ya. 

Selanjutnya, lakukan pengamplasan permukaan logam yang rusak untuk membuatnya rata. Ini menjadi tahap penting untuk mempersiapkan permukaan untuk dicat.

Lalu ketika permukaan logam bersih dan rata, lakukan pengecatan ulang pada area yang terkena karat dengan cat yang sesuai. Ini akan mengembalikan tampilan estetik mobil kamu. 

Jangan lupa untuk mengaplikasikan perlindungan anti karat nih pada area yang baru dicat untuk mencegah karat datang kembali.  

Tips lainnya untuk menjaga agar mobil terbebas dari karat, lakukan perawatan berkala seperti mencuci mobil secara teratur, dan melindungi mobil dari paparan zat korosif seperti garam atau cairan kimia. Jika karat pada body mobil sangat parah atau menyebar luas, segera konsultasikan pada bengkel dan salon mobil berpengalaman, seperti Oke Body Repair. Bersama mekanik profesional dan peralatan yang lengkap kami membantu wujudkan tampilan sempurna mobilmu. Segera hubungi Oke Body Repair di nomor berikut untuk booking dan informasi lebih lanjut 0812-5972-7788