Jenis-jenis Body Repair Bengkel Terpercaya dan Berkualitas

Jenis-jenis Body Repair Bengkel Terpercaya dan Berkualitas

Jenis-jenis Body Repair Bengkel Terpercaya dan Berkualitas – Ada cukup banyak jenis-jenis body repair yang dapat ditangani oleh bengkel terpercaya dan berpengalaman. Body repair sendiri merupakan proses perbaikan pada kerusakan kendaraan pada bagian eksterior atau badan mobil sehingga tampilan kembali seperti semula.

Selain memperbaiki kerusakan pada badan kendaraan roda empat, bengkel juga bisa melakukan perawatan hingga body custom. Layanan ini sangat cocok untuk kamu yang ingin tampil beda dan sesuai dengan kepribadianmu.

Tentu saja biaya untuk setiap jenis-jenis body repair akan berbeda-beda, umumnya tergantung dengan kerusakannya. Nantinya mekanik akan melakukan pemeriksaan secara mendetail sebelum memberikan estimasi biayanya.

Bengkel terpercaya dan berkualitas sendiri biasanya memiliki peralatan memadai sehingga bisa menangani kerusakan ringan hingga berat. Bukan hanya itu saja, mekanik yang berpengalaman juga akan membuat hasilnya lebih maksimal.

Baca juga : Cat Mobil Oven Terdekat

Jenis-jenis Body Repair Bengkel Terpercaya

OKE BODY REPAIR merupakan bengkel terpercaya yang bisa menangani jenis-jenis body repair pada kendaraan roda empat. Berikut adalah beberapa layanan yang bisa dikerjakan menggunakan teknik khusus dan bahan berkualitas.

1.     Baret Halus/Dalam

Baret halus maupun dalam sering terjadi pada kendaraan roda empat, penyebab umumnya karena penggunaan sehari-hari. Meskipun hanya baret ringan, namun tetap saja bisa mengurangi penampilan kendaraan milikmu.

Salah satu dari jenis-jenis body repair yang sering terjadi ini sendiri terbagi menjadi beberapa kategori. Setiap kategori perlu metode berbeda dalam penanganannya, seperti penjelasan berikut.

·        Baret ringan

Pada kategori ringan, goresannya cukup kecil dan hampir tidak terlihat sehingga tidak akan merusak cat mobil. Umumnya penyebab baret ringan karena terkena goresan kuku secara tidak sengaja.

Sebenarnya kamu bisa menangani baret ringan sendiri di rumah menggunakan beberapa cara misalnya dengan kompon. Meski demikian, akan lebih baik langsung membawanya ke bengkel terpercaya agar penanganannya profesional dan hasilnya lebih baik.

·       Baret sedang

Jenis-jenis body repair selanjutnya adalah baret sedang, kategori ini juga tidak terlalu merusak mobil namun goresannya terlihat jelas oleh mata. Biasanya baret sedang terjadi karena goresan ranting atau pohon.

Baret sedang tentu akan menganggu penampilan mobil milikmu, sebab bisa langsung terlihat. Oleh sebab itu, langsung bawa mobil yang terkena baret ke OKE BODY REPAIR untuk memoles atau cat ulang bagian tergores

·       Baret dalam

Baret dalam sudah terbilang parah, sebab tidak hanya terlihat jelas oleh mata namun juga bisa merusak susunan cat pada kendaraan. Biasanya baret dalam bisa terjadi karena kecelakaan atau menyerempet kendaraan lain.

Baret dalam merupakan jenis-jenis body repair yang membutuhkan penanganan khusus menggunakan teknik dan metode tertentu. Ada beberapa cara penanganan baret dalam yaitu dengan pengamplasan dan pengelupasan.

Pengamplasan cukup mudah dilakukan di bengkel, hanya perlu mengaplikasikannya pada bagian mobil yang tergores. Sementara itu, pengelupasan yaitu dengan mengelupas pada bagian yang terkena goresan.

2.     Setting Body Kit

Jenis-jenis body repair ini memungkinkan kamu mengubah kendaraan roda empat menjadi lebih mengesankan dan sesuai gaya kepribadian. Biasanya setting body kit juga sekaligus menambah aksesoris di area eksterior sehingga kendaraan jadi lebih keren.

Modifikasi sendiri biasanya terdiri dari beberapa bagian seperti front bumper hingga diffuser. Jika modifikasi terancang dengan baik, berbagai komponen tambahan akan memberikan efek downforce, jadi kendaraan menekan ke bawah dan tidak goyang pada kecepatan tinggi.

Sementara itu, desain body kit dirancang untuk meningkatkan efek aerodinamis, misalnya side kit yang bisa membelah angin lebih baik ketika kecepatan tinggi. Contoh lainnya desain lubang pada bumper depan yang tidak hanya sebagai hiasan bamun juga mendinginkan intercooler.

Setting body kit merupakan salah satu jenis-jenis body repair yang pemasangannya bisa menggunakan dua metode. Kedua metode itu adalah Add-On dan Full Bumper seperti penjelasan berikut.

·       Add-On

Metode ini tidak mengubah bumper asli maupun melubangi bumper bawaan, jadi orisinalitas kendaraan tetap terjaga. Mekanik akan mengebor area tertentu untuk menancapkan baut, sedangkan komponen add-on akan diberi sealant atau double tape agar lebih kuat.

Salah satu dari jenis-jenis body repair ini membutuhkan beberapa tahapan, namun hanya memakan waktu beberapa jam saja. Proses pertama pengamplasan, lalu melumuri sealant, selanjutnya perekatan double tape, terakhir tinggal menunggu sealant mengering.

·       Full bumper

Pada metode ini, pemasangan aksesoris tambahan dilakukan dengan melepas bumper bawaan dan menggantinya dengan model baru. Beberapa bengkel menerima costum request, atau bisa juga membeli body kit tuner yang modelnya sudah ada di pasaran.

Berbeda dengan sebelumnya yang hanya membutuhkan waktu beberapa jam, full bumper perlu waktu satu sampai dua bulan. Sementara menggunakan body kit tuner membutuhkan waktu 7 hingga 14 hari, termasuk proses re-setting dan re-paint sesuai warna mobil.

3.     Penyok

Mobil penyok merupakan jenis-jenis body repair yang sering terjadi, bahkan penyebabnya juga bisa karena pemakaian sehari-hari. Biaya perbaikan untuk mobil penyok juga berbeda-beda, tergantung dengan tingkat keparahannya.

Hampir sama dengan goresan pada kendaraan roda empat, mobil penyok juga dibagi menjadi beberapa tingkatan. Setiap tingkatannya tentu saja membutuhkan metode dan penanganan berbeda agar kembali seperti semula.

·       Kategori ringan

Penyok yang masih tergolong ringan biasanya disebabkan karena pengendara kurang hati-hati saat memarkirkan mobil sehingga menyenggol benda tertentu. Selain itu, tidak jarang karena tertimpa suatu benda atau menyenggol dengan kendaraan lain saat berjalan pelan.

Pada kondisi ini, kamu bisa menggunakan tips tertentu untuk membuat badan mobil yang penyok kembali seperti semula. Meski demikian, ada baiknya membawa mobilnya ke OKE BODY REPAIR karena memiliki alat lebih memadai dan profesional.

·       Kategori sedang

Penyok sedang juga termasuk jenis-jenis body repair, biasanya karena pengendara tidak hati-hati sehingga menabrak objek seperti tembok atau gerbang. Selain itu, penyok sedang juga bisa terjadi ketika menyenggol kendaraan lain dengan kecepatan lumayan cepat.

Bukan hanya menyebabkan penyoknya cukup parah, namun bisa menyebabkan badan mobil pecah atau robek. Jika sudah demikian, kamu perlu membawanya ke bengkel terpercaya agar segera mendapatkan penanganan.

·       Kategori berat

Penyok pada kategori berat paling umum terjadi karena tabrakan di jalan raya dengan kecepatan tinggi. Selain itu, penyebab lainnya juga bisa karena bencana seperti tertimpa pohon.

Banyak orang yang menganggap bahwa mobil yang sudah penyok dan ringsek tidak bisa diperbaiki. Hal itu tidak benar, karena OKE BODY REPAIR bisa memperbaiki kerusakan dengan metode khusus sehingga bisa kembali seperti keadaan sebelumnya.

4.     Tabrakan / Crash

Ketika mengalami tabrakan, keadaan mobil menjadi tidak enak dipandang dan bahkan mengalami kerusakan pada beberapa komponennya. Komponen yang biasa ikut rusak karena tabrakan seperti pintu, kaca jendela, spion, lampu, dan lainnya.

Kerusakan akibat kecelakaan merupakan salah satu dari jenis-jenis body repair yang perbaikannya tidak boleh kamu tunda. Hal ini karena tidak hanya kurang enak dipandang, namun juga bisa menimbulkan permasalahan lain di kemudian hari.

Seperti tahapan yang selalu dilakukan oleh bengkel profesional, mekanik akan melakukan pengecekan terlebih dahulu. Hal ini dilakukan untuk mengetahui komponen apa saja yang rusak dan seberapa besar keparahannya.

Biaya perbaikan untuk mobil tabrakan biasanya membutuhkan biaya yang cukup besar, apalagi jika harus mengganti beberapa komponennya. Oleh karena itu, kamu bisa memperbaiki atau mengganti bagian yang rusak saja.

Misalnya saja, kamu tidak perlu melakukan pengecatan ulang pada satu panel penuh ketika area yang rusak tergolong kecil. Walaupun begitu, pastikan bahwa tenaga ahli benar-benar berpengalaman untuk menghindari belang pada mobilnya.

5.     Setting Bumper

Jenis-jenis body repair berikutnya adalah setting bumper, yaitu komponen mobil yang bisa mengalami kelonggaran karena beberapa penyebab. Kelonggaran bisa karenai benturan dengan kendaraan lain, berkendara di jalan terjal, atau klip penahan bumper rusak.

Setting bumper juga bisa terjadi karena permasalahan lain, bahkan bisa saja bumpernya tidak renggang. Jika sudah demikian, ada beberapa hal yang perlu dilakukan mekanik untuk mengatasi permasalahan tersebut seperti berikut.

·       Memperbaiki bumper penyok

Beberapa orang tidak langsung membawa mobil ke bengkel ketika bemper baik bagian dan maupun belakang penyok. Orang-orang ini lebih memilih melakukan perawatan sendiri dengan memanfaatkan pengering rambut atau hair dryer.

Bumper umunya terbuat dari bahan plastik, sehingga panas hair dryer akan membuatnya sedikit meleleh. Jika sudah sedikit meleleh, tinggal mendorong bumpernya dari bagian dalam sehingga keluar dan rata kembali seperti semula.

Meski demikian, langkah ini akan berisiko mobilnya tidak kembali mulus seperti sedia kala. Oleh sebab itu, ada baiknya langsung saja dibawa ke OKE BODY REPAIR agar segera ditangani secara profesional dan ada garansi jika terjadi hal tidak diinginkan.

·       Memperbaiki Bumper pecah

Tidak hanya merenggang saja, jenis-jenis body repair juga termasuk bumper pecah. Cara memperbaikinya adalah dengan melepaskan bumpernya mobil terlebih dahulu lalu las bagian yang pecah untuk memanaskannya.

Jika sudah panas, maka tinggal menempelkan atau memasang kembali bagian pecahnya ke bumper. Karena sudah panas akibat dilas, bagian pecah ini bisa menempel kembali dengan mudah.

Perbaikannya sendiri membutuhkan estimasi biaya yang berbeda-beda, kisarannya mulai dari harga Rp300 ribu. Harga tersebut cukup terjangkau, apalagi setelah tersambung akan sekaligus mencegah bumpernya renggang di kemudian hari.

Pilihan Body Repair Bengkel Terpercaya

Jenis-jenis body repair memang harus dilakukan oleh bengkel terpercaya dengan mekanik berpengalaman. Dengan begitu, setiap permasalahan badan mobil dapat teratasi dan hasilnya lebih maksimal.

OKE BODY REPAIR merupakan pilihan terbaik bengkel terpercaya di wilayah Depok, Jaksel, dan Tangerang Selatan. Dengan menggunakan layanan jasa kami, badan mobil yang rusak hingga ringsek bisa kembali seperti semula dan mulus seperti baru.

Kami menerima perbaikan badan mobil seperti pengecatan, perawatan interior, juga restorasi. Semua bahan yang digunakan untuk perbaikannya merupakan produk bermutu tinggi sehingga hasilnya juga memuaskan.

Tidak perlu khawatir mengenai biaya yang harus dikeluarkan untuk perbaikan jenis-jenis body repair, sebab OKE BODY REPAIR menawarkan harga ekonomis. Meski demikian, hasilnya tetap maksimal karena dikerjakan oleh tenaga ahli yang berpengalaman lebih dari 10 tahun.

Kamu juga akan mendapatkan garansi dengan syarat dan ketentuan berlaku, sehingga tidak perlu khawatir jika ada hal tidak diinginkan. Kami akan memaksimalkan perbaikan, meskipun jika kerusakannya sudah sangat parah maka tidak bisa 100% seperti semula.

Kamu bisa melihat hasil kerja kami dan review dari pelanggan sebelumnya melalui website https://okebodyrepair.com/. Selain itu, kamu juga bisa langsung menghubungi kami di nomor HP bengkel: 0812-5972-7788 jika butuh info lebih lanjut.

Mencari bengkel reparasi badan mobil memang harus tepat dan terpercaya, juga ditangani oleh tenaga ahli berpengalaman. Dengan begitu, kerusakan dan jenis-jenis body repair lainnya dapat diperbaiki secara maksimal.