Ingin Cat Body Repair? Pahami Dulu Beberapa Hal Penting Ini

Ingin Cat Body Repair? Pahami Dulu Beberapa Hal Penting Ini

Ingin Cat Body Repair? Pahami Dulu Beberapa Hal Penting Ini – Apakah kamu ingin melakukan cat body repair untuk mengganti suasana supaya lebih segar? Cat sendiri adalah bagian penting dari mobil yang bisa mencerminkan kharisma maupun daya tarik pemiliknya.

Sudah banyak orang yang melakukan pengecatan ulang untuk mendapatkan warna mobil yang dikehendaki. Selain itu, biasanya disempurnakan pula dengan perawatan khusus seperti poles sampai pemberian lapisan wax untuk memelihara catnya.

Lalu, proses pengecatan bodi mobil akan memerlukan beberapa tahapan sampai mendapatkan warna yang dikehendaki. Biasanya prosesnya dilakukan dalam ruangan khusus di bengkel body repair.

Penyebab Cat Mobil Lekas Kusam

Ketika mempunyai mobil, tentu perlu memperhatikan mulai dari perkara mesin sampai bagian bodi. Bodi yang terawat akan meningkatkan tampilan dan memberikan kesan menarik untuk pemiliknya.

Seiring berjalannya waktu, pasti bagian bodi akan mengalami penurunan kualitas. Terkadang, ada goresan atau benturan yang membuat warnanya semakin memudar. Jadi, kamu perlu melakukan cat body repair untuk mengembalikan keindahan mobil.

Berikut ini ada sejumlah hal yang mungkin menyebabkan cat mobil kamu jadi lekas kusam. Jadi, sebaiknya coba untuk menghindarinya kalau ingin warna kendaraan tidak lekas kusam.

1.     Mencuci Secara Sembarangan

Faktor pertama yang mungkin tidak kamu sadari sudah membuat cat mobil menjadi kusam adalah mencuci secara sembarangan. Ketika mencuci mobil sendiri, kamu perlu memperhatikan peralatan maupun shampo yang dipakai.

Ada berbagai jenis shampo dan peralatan khusus yang akan membantu menjaga cat bodi mobil supaya tidak cepat kusam. Kalau pergi ke tempat pencucian kendaraan, kamu juga wajib memperhatikan hal itu.

2.     Kotoran Hewan

Mungkin belum banyak orang yang sadar kalau kotoran hewan bisa membuat warna mobil jadi lebih cepat kusam, lalu perlu melakukan cat body repair. Kotoran hewan seperti burung bisa meresap ke lapisan catnya lalu membuatnya rusak.

3.     Paparan Sinar Matahari

Paparan sinar matahari yang kuat dan terus menerus bisa menjadikan cat mobil menjadi lekas kusam. Sebab, lapisan catnya akan lebih mudah rusak. Jadi, kalau bisa usahakan untuk melakukan parkir di tempat yang teduh.

Bukan berarti tidak boleh parkir di bawah matahari langsung sama sekali. Kalau memang keadaan memaksa, tidak apa-apa untuk parkir di bawah sinar matahari. Jika masih bisa diusahakan, sebaiknya parkir di tempat teduh.

Baca juga : Apa Saja yang Dikerjakan Body Repair? Ini Proses dan Tekniknya

Hal yang Perlu Dipertimbangkan Sebelum Cat Body Repair

Kalau kamu sudah pasti ingin mengganti warna bodi mobil, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan. Karena biayanya juga tidak bisa dibilang murah, pastikan untuk memperhatikan beberapa hal penting ini.

1.     Waktu Pengecatan

Kamu perlu mempertimbangkan waktu ketika akan datang ke bengkel cat body repair. Akan lebih baik untuk pergi ketika cuacanya sedang cerah. Jangan sampai ke sana ketika cuacanya mendung atau turun hujan.

Kalau kamu melakukan pengecatan ulang ketika musim hujan, kualitas warnanya akan menurun. Jadi, akan lebih baik untuk melakukannya ketika cuaca sedang panas atau terik.

Kalau dalam hal musim, sebenarnya tidak ada waktu khusus untuk melakukan pengecatan ulang. Ada yang menyarankan untuk melakukannya ketika masa transisi antara musim kemarau dengan musim hujan.

2.     Teknik Pengecatan

Ada banyak pilihan teknik pengecatan pada bengkel cat body repair. Akan lebih baik kalau kamu mempelajari berbagai teknik pengecatan supaya tahu mana yang hasilnya bagus.

Biasanya, teknik yang digunakan adalah teknik oven, yakni sistem pengecatan mengandalkan oven. Maksudnya oven adalah ruang tertutup yang dimanfaatkan dalam mengecat.

Teknik oven pada bengkel lebih disarankan karena pancaran panasnya dapat disesuaikan dengan keperluan. Jadi, hasil pengecatannya akan jauh lebih maksimal.

Bukan hanya itu, partikel-partikel kecil berupa kotoran atau debu tidak akan mudah menempel. Sebab, akan disedot oleh peralatan khusus. Jadi, hasilnya akan lebih bagus dan memuaskan.

Akan tetapi, tidak semua bengkel cat body repair menyediakan teknik oven ini. Coba cari tahu dahulu bengkel mana yang menyediakannya. Perhatikan pula harga dan kualitas hasil pengerjaannya.

Pemilihan dan Perawatan Warna Cat Mobil

Memilih dan merawat warna juga termasuk hal penting yang perlu diperhatikan sebelum melakukan pengecatan ulang pada bodi mobil. Jangan sekedar memilih warna tertentu tanpa mengenali kode maupun perawatannya.

Kalau misalnya ingin melakukan pengecatan ulang sesuai warna asli mobilnya, coba temukan kode warnanya di papan keterangan bodi. Biasanya letak keterangan ini berbeda untuk setiap jenis atau merek kendaraan.

Secara umum, letaknya ada di bagian pintu pengemudi. Kamu bisa menemukan berbagai keterangan termasuk kode warna mobilnya. Lalu, coba cocokkan warnanya dengan yang ada di bengkel cat body repair.

Kalau keterangan kode warnanya sudah pudar atau hilang, coba cari saja informasinya di situs internet. Biasanya bisa ditemukan kode warna cat berdasarkan jenis dan tahun produksi mobilnya.

Kalau tidak ingin warna yang sama dengan aslinya, boleh saja memilih warnanya secara bebas. Misalnya warna aslinya adalah hitam, lalu ingin melakukan pengecatan ulang warna merah.

Akan tetapi, selalu ada konsekuensi dari pemilihan suatu warna. Setiap warna pasti punya bentuk perawatan tersendiri. Sebut saja warna hitam dan merah yang punya perawatan lebih rumit.

Biasanya, ketika ada sedikit debu, sudah muncul baret-baret halus pada bodi mobil. Jadi, tidak perlu heran kalau warna hitam atau merah sangat mudah tampak kusam.

Selain ada konsekuensi, ada juga keunggulan dari setiap warna. Jika memilih cat body repair dengan warna merah atau hitam, tampilannya akan terkesan lebih istimewa sebab lebih pekat daripada warna lainnya.

Terutama jika telah dilakukan detailing pada bengkel. Biasanya, hasilnya akan terlihat lebih maksimal jadi tampak jauh lebih kinclong dan menarik.

Jenis Cat Dasar Primer untuk Bodi Mobil

Sebelum melakukan pengecatan ulang di bengkel cat body repair, ada baiknya kamu tahu beberapa jenis catnya. Terutama cat dasar primer yang digunakan untuk melapisi bodi mobil sesudah diamplas supaya tidak muncul karat.

Bukan itu saja, cat dasar primer juga berperan dalam menambah atau meratakan daya lekat antara metal dasar lapisan cat selanjutnya. Karena fungsinya cukup penting, coba kenali beberapa jenis catnya di bawah ini.

1.     Wash Primer

Di bengkel cat body repair, biasanya ada jenis wash primer, yakni cat dasar yang memuar kandungan nitrocellulose dan alkyd resin. Jenis ini begitu mudah mengering dan proses pengaplikasiannya juga tidak sulit.

Kekurangannya adalah kurang efektif untuk mencegah karat maupun korosi. Jadi, biasanya biaya untuk pengecatan ulang dengan wash primer jauh lebih murah.

2.     Urethane Primer

Kedua ada jenis urethane primer, yakni cat dasar yang kandungannya polyisocyanate dengan fungsi hardener. Biasanya urethane primer juga disebut dengan polyurethane yang bisa menahan karat maupun korosi secara efektif.

Hasil pengecatannya juga akan tampak rata dan terlihat high gloss. urethane primer akan lebih mudah diaplikasikan jika digunakan bersama dengan thinner polyurethane extra slow.

Tentu sisi negatifnya adalah biaya pengecatan ulang terbilang mahal, terutama karena ada tambahan thinner khusus. Selain itu, waktu untuk pengeringannya juga jauh lebih lama.

3.     Epoxy Primer

Epoxy primer ialah lapisan cat dasar yang berguna dalam melindungi logam dari proses oksidasi. Kemudian juga mempunyai sifat kedap air. Biasanya disemprotkan sebanyak 1 sampai 2 kali pada bagian plat.

Jenis Cat Surfacer untuk Bodi Mobil

Cat body repair berupa surfacer adalah jenis cat yang dipakai di lapisan kedua sesudah cat dasar primer. Biasanya dimanfaatkan dalam mengisi bagian bodi yang penyok ringan atau sedikit tergores.

Bukan hanya itu, cat surfacer juga bermanfaat dalam mencegah penyerapan pengecatan paling akhir atau top coat. Termasuk juga meratakan daya lekat di antara lapisan dasar (undercoat) dan lapisan akhir (top coat). Ada beberapa tipe dari cat surfacer, yakni.

1.     Lacquer Surfacer

Pertama ada jenis lacquer surfacer yang berbahan dasar nitrocellulose, alkyd dan acrylic resin. Sifatnya mudah kering namun tidak efektif untuk menahan karat atau korosi.

2.     Urethane Surfacer

Urethane surfacer adalah cat body repair yang memuat bahan polyester, acrylic, alkyd resin dan polyisocyanate dengan fungsi hardener. Urethane surfacer punya kemampuan melapisi yang bagus akan tetapi proses pengeringannya cukup lama.

Karena proses pengeringannya cukup lama dan harus pada suhu di atas 60 derajat celcius, urethane surfacer punya harga lebih mahal.

3.     Thermosetting Amino Alkyd Surfacer

Thermosetting amino alkyd surfacer punya bahan utama berupa melamine dan alkyd resin. Terkadang, jenis ini dipakai sebagai primer sebelum melakukan pengecatan bake-finish.

Apabila ingin mengaplikasikan thermosetting amino alkyd surfacer, dibutuhkan suhu 90 derajat celcius sampai 120 derajat celcius. Melalui suhu tersebut, akan tercipta lapisan yang efektif untuk melindungi bodi mobil.

Setelah mengaplikasikan cat surfacer, langkah terakhir dalam pengecatan bodi mobil adalah mengaplikasikan toap coat. Tahap ini akan menentukan hasil akhir, apakah ingin tampilan glossy atau doff.

Setelah mengaplikasikan toap coat, masih ada satu langkah akhir, yakni memberi lapisan coating bening sebagai tahap finishing. Tujuannya ialah menguatkan warna dan melindunginya dari kerusakan.

Tips Membersihkan Mobil Setelah Pulang dari Bengkel

Setelah pulang dari bengkel cat body repair, ada baiknya kamu lebih memperhatikan perawatan bodi mobil. Supaya warna catnya bisa bertahan lebih lama atau tidak mudah kusam.

Tentu kamu tidak ingin hasil pengecatan lebih cepat kusam, bukan? Jadi, mau tidak mau harus melakukan perawatan secara tepat, terutama ketika membersihkan mobil.

Tips ini sebenarnya sangat sederhana, yakni rajin mencuci mobil dengan peralatan yang tepat. Terutama setelah mobilnya terkena air hujan, jangan sampai lupa untuk mencucinya.

Tahukah kamu air hujan bisa menjadikan mobil kotor lalu muncul bercak pada bagian bodi? Jadi, kalau misalnya mobil baru saja kehujanan, kamu wajib untuk segera mencucinya.

Kalau tidak sempat mencucinya, boleh hanya dengan membersihkan menggunakan air bersih. Lalu, keringkan memakai lap halus supaya catnya tidak tergores. Jangan sampai menggunakan kain lap yang kasar atau kotor.

Apabila punya waktu luang untuk mencuci, coba cuci mobil menggunakan sabun khusus. Jangan sampai menggunakan deterjen, shampo atau sabun colek untuk cuci piring ketika mencuci mobil.

Kalau mencuci menggunakan deterjen, shampo atau sabun colek, nantinya cat body repair akan lebih mudah rusak. Sementara shampo khusus memuat kandungan yang bisa merawat warna cat bodi mobil.

Setelah membaca berbagai panduan dalam artikel ini, kamu cukup menemukan bengkel terbaik yang bisa melakukan pengecatan ulang untuk mobil. Salah satu bengkel berkualitas adalah OKE BODY REPAIR. Boleh juga menghubungi melalui 0812-5972-7788 atau kunjungi di https://okebodyrepair.com/.

Proses pengecatan ulang bodi mobil dilakukan dalam beberapa tahap supaya mendapatkan warna yang dikehendaki. Supaya hasilnya lebih optimal, perlu memperhatikan beberapa hal penting dan melakukannya di bengkel cat body repair terpercaya.