Apa Saja yang Dikerjakan Body Repair? Ini Proses dan Tekniknya

Apa Saja yang Dikerjakan Body Repair? Ini Proses dan Tekniknya

Apa Saja yang Dikerjakan Body Repair? Ini Proses dan Tekniknya – Tahukah kamu apa saja yang dikerjakan body repair? Body repair sendiri ialah aktivitas perbaikan pada bodi mobil yang luka, penyok maupun baret karena kelalaian dalam berkendara, pengaruh faktor luar, atau kecelakaan.

Supaya bisa memulihkan kondisi bodi mobil yang baret, tergores atau penyok, tentu kamu perlu bantuan teknisi profesional. Jadi, harus mencari bengkel body repair, bukan memperbaikinya sendiri di rumah.

Sebaiknya tidak melakukan body repair sendiri karena ada banyak alat dan tahapan dalam melakukannya supaya berhasil dan baik hasilnya. Supaya lebih paham tentang body repair, mari menyimak informasinya dalam artikel ini.

Apa Saja yang Dikerjakan Body Repair?

Ketika kamu menyerahkan perbaikan mobil di bengkel body repair, ada beberapa tahapan yang nantinya dilakukan. Secara umum, seperti ini proses atau tahapan di bengkel terkait.

1.      Identifikasi Kerusakan

Apa saja yang dikerjakan body repair untuk pertama kali? Pada tahap pertama, biasanya bengkel akan mengidentifikasi kerusakan di bagian bodi mobil.

Identifikasi dijalankan dengan memeriksa secara menyeluruh supaya tahu seperti apa jenis dan tingkat kerusakan. Lalu, teknisi bisa menentukan metode perbaikan yang cocok, misalnya saja on-off hammering, washer welder, mag welding atau paintless dent removal.

2.      Perbaikan dan Pendempulan

Apa saja yang dikerjakan body repair di tahap kedua? Di tahap ini, pihak bengkel akan melakukan perbaikan dan pendempulan setelah tahu bentuk kerusakan bodi mobil.

Di tahap ini, teknisi akan melakukan pendempulan pada bagian yang sudah diperbaiki. Jadi, bodi mobil terlihat rata seperti baru. Jika tidak ada pendempulan, mungkin saja tampilannya masih akan terlihat kurang rata atau bergelombang.

3.      Pengecatan dan Coating

Apa saja yang dikerjakan body repair pada tahap ketiga? Tahap terakhir dari aktivitas ini adalah pengecatan dan pelapisan hard coating / vernis. Jika perbaikan hanya berakhir pada tahap pendempulan, tentu warna bodi akan tampak belang.

Jadi, kalau bodi mobil sudah diperbaiki dan didempul, teknisi akan mengamplas dan mengecatnya, kemudian melapisi dengan hard coating / vernis. Jadi, warnanya akan tampak rata seperti baru.

4.      Finishing atau Penyelesaian

Apa saja yang dikerjakan body repair pada tahap terakhir? Tahap terakhir dari aktivitas ini adalah finishing atau pemolesan. Jika perbaikan hanya berakhir pada tahap pengecatan, tentu warna bodi akan kurang muncul dan kurang kilap atau kurang gloss.

Jadi, ada banyak tahapan yang dilakukan oleh bengkel untuk melakukan body repair. Tidak heran kalau lebih baik mengandalkan teknisi profesional untuk reparasi daripada melakukannya sendiri di rumah.

Baca juga : Berapa Biaya Body Repair Mobil di Bengkel Umum?

Pilihan Jenis Body Repair di Bengkel

Ketika jenis kerusakan pada bodi mobil berbeda, tentu jenis body repair yang diperlukan juga berbeda. Secara umum, ini dia beberapa jenis perbaikan yang umum dikerjakan oleh bengkel.

1.      Pengecatan Ulang

Kalau misalnya kerusakan bodi mobil berupa cat memudar, mengelupas hingga muncul jamur, jenis perbaikannya adalah dengan pengecatan ulang. Kerusakan semacam ini tergolong ringan.

Jadi perbaikannya juga cukup dengan melakukan pengecatan ulang supaya tampilan bodi mobil terlihat bagus seperti baru. Sementara untuk biayanya menyesuaikan luasnya area yang dicat.

2.      Perbaikan Penyok

Apa saja yang dikerjakan body repair jika kerusakan berupa penyok? Biasanya panel akan diganti dengan yang baru. Kalau penyok masih tahap ringan, cukup dibentuk ulang memakai alat khusus.

Penyok sendiri bisa terjadi karena benturan keras. Terkadang, hal ini terjadi setelah terlibat kecelakaan di jalan raya. Kalau sudah penyok, tentu harus diperbaiki supaya bentuknya kembali normal.

3.      Perbaikan atau Penggantian Kaca

Apa saja yang dikerjakan body repair selain pengecatan ulang dan perbaikan penyok? Hal lainnya yang dilakukan ialah mengganti atau memperbaiki kaca rusak. Ketika kaca mobil pecah, tergores atau berjamur, tentu perlu diperbaiki.

Mungkin saja perbaikan kaca ini tampak sebagai hal sederhana. Namun, kaca adalah salah satu bagian penting dari kendaraan, jadi sebaiknya segera diperbaiki atau diganti jika rusak supaya berkendara menjadi lebih aman dan nyaman.

4.      Perbaikan Bumper

Bumper tergolong bagian mobil yang mudah sekali terbentur. Biasanya ketika menabrak atau tertabrak, bumper adalah bagian pertama yang terbentur. Kalau sudah begitu, tentu wajib diperbaiki di bengkel.

Perbaikannya umumnya dengan membentuknya menggunakan alat khusus supaya kembali ke bentuk normal. Selain itu, bisa pula dengan menggantinya ketika kerusakannya sudah cukup parah.

Teknik Perbaikan di Bengkel Body Repair

Setelah tahu apa saja yang dikerjakan body repair, kamu juga perlu tahu apa saja teknik perbaikannya. Biasanya tekniknya disesuaikan dengan kualitas teknisi, alat sampai kerusakan bodi mobil.

1.      Teknik Vacuum Cup

Teknik vacuum cup biasanya dipilih jika perlu memperbaiki kerusakan di bagian plat yang terbentur. Jadi, plat akan mulur namun tidak melampaui batas elastisitasnya. Sementara jika plat sudah rusak parah, umumnya akan menggunakan teknik lainnya.

2.      Teknik Menarik Menggunakan Batang Penarik dan Palu Sliding

Selanjutnya ada teknik menggunakan batang penarik dan palu sliding. Ada pilihan dua cara yang bisa diterapkan ketika ingin memanfaatkan teknik ini.

Pada cara pertama, plat yang rusak dilubangi lantas ditarik dan lubangnya ditutup kembali. Kemudian cara lainnya ialah memasang pengait di panel mengandalkan las, lantas menghaluskannya lagi.

3.      Teknik Menggunakan Alat Hidrolik

Apa saja yang dikerjakan body repair jika menggunakan alat hidrolik? Alat hidrolik berguna dalam menarik, menekan dan mendorong plat untuk memperbaiki kerusakannya.

Ketika menggunakan teknik ini, akan dibuatkan kaitan di bagian pelat bodi mirip dengan teknik sebelumnya melalui lubang atau bisa juga menambahkan jumlah pengaitnya.

4.      Teknik Batang Pengungkit

Teknik batang pengungkit dijalankan dengan menyelipkan prybar melalui lubang sempit di bagian bawah pintu. Bisa juga membuat lubang di bagian pintu lantas nanti ditutup menggunakan door trim.

5.      Teknik Palu On Dolly

Teknik palu on dolly mengandalkan palu guna memukul bagian yang rusak. Akan tetapi, pada bagian bawahnya dilapisi menggunakan dolly sehingga hasilnya akan menjadi rata seperti normal.

6.      Teknik Palu Off Dolly

Berbeda dengan teknik sebelumnya, teknik palu off dolly justru dipalu pada bagian dolly. Jadi, akan dipalu pada area di sekitar atau di antara dolly pada pusat plat yang mengalami kerusakan.

Teknik Perbaikan Lainnya di Bengkel Body Repair

Selain 6 teknik pada pembahasan di atas, sebenarnya masih ada beberapa teknik lainnya. Coba simak pilihan teknik selengkapnya dalam penjelasan di bawah ini.

1.      Teknik Pengikiran

Teknik pengikiran akan membantu meratakan permukaan plat, misalnya plat yang rusak akibat tabrakan. Bisa juga meratakan bagian sudut dengan mengandalkan kikir.

Kikir dapat pula diaplikasikan pada plat setelah dilas. Sebenarnya kerusakan di bagian bodi dapat diatasi cukup mengandalkan gerinda. Akan tetapi, hasil tampilannya jauh lebih bagus jika mengandalkan kikir untuk tahap terakhirnya.

2.      Teknik Hot Shrinking

Teknik tersebut memanfaatkan sifat logam. Tahukah kamu kalau logam dapat dipengaruhi oleh suhu panas maupun suhu dingin? Logam yang dipanaskan bisa memuai, sementara jika didinginkan dapat mengerut.

Apa saja yang dikerjakan body repair ketika menggunakan teknik hot shrinking? Plat yang mengalami kerusakan akan dipanaskan hingga warna berubah merah. Lantas didinginkan dengan memanfaatkan air.

3.      Teknik Pendempulan

Teknik pendempulan dilaksanakan setelah bodi mobil diperbaiki dan hendak masuk ke tahap pengecatan ulang. Beberapa teknik sebelumnya lebih fokus untuk memperbaiki kerusakan, sementara pendempulan fokus untuk menyempurnakan hasilnya.

Apabila hanya fokus pada perbaikan kerusakan, hasil pada permukaan bodi mobil belum benar-benar terlihat rata. Jadi perlu disempurnakan dengan pendempulan agar hasilnya rata seperti baru.

4.      Teknik Pemotongan atau Penggantian

Apa saja yang dikerjakan body repair jika menggunakan teknik ini? Caranya adalah dengan memotong bodi. Lantas menggantinya dengan bodi dari mobil lainnya.

Biasanya teknik ini diterapkan ketika kerusakan mobilnya sudah cukup parah. Lalu, biaya perbaikannya akan jadi lebih mahal. Berbeda dengan kerusakan ringan yang bisa mengandalkan teknik sederhana.

Metode Perbaikan di Bengkel Body Repair

Perbaikan bodi mobil yang rusak juga bisa mengandalkan beberapa metode khusus. Berikut ini metode yang umum digunakan oleh bengkel body repair.

1.      On-Off Hammering

On-off hammering ialah metode perbaikan yang umum dipakai dalam mengembalikan bentuk bodi mobil. Metode ini bisa mengatasi bodi yang rusak atau bengkok.

On-off hammering melibatkan pemakaian alat khusus guna memukul area yang rusak atau bengkok. Biasanya pemukulannya dilakukan secara bertahap supaya tidak merusak area lain.

Ketika prosesnya sudah selesai, biasanya dilanjutkan dengan penghalusan. Penghalusan akan mengandalkan pisau khusus guna mengembalikan bentuk ke keadaan normal.

2.      Washer Welder

Metode selanjutnya ialah washer welder yang dimanfaatkan dalam memperbaiki kerusakan di bagian panel. Caranya dengan menempelkan cincin atau ring ke bagian yang perlu diperbaiki.

Apa saja yang dikerjakan body repair jika menggunakan metode washer welder? Prosesnya dimulai dengan pengelasan lalu penempelan cincin pada bodi mobil. Cincinnya bisa ditarik keluar, jadi area yang rusak atau penyok akan kembali normal.

3.      Mag Welding

Selanjutnya ada metode mag welding yang menggunakan berbagai alat khusus. Misalnya saja kawat las, roll, bahan kimia gas dan logam. Biasanya, mag welding dimanfaatkan dalam memperbaiki bodi mobil yang cukup besar dan kompleks

Nantinya kawat las digulung di suatu roll lantas ditempelkan di bagian bodi yang mengalami kerusakan. Lantas, gas akan dimanfaatkan dalam mencairkan logam untuk menggantikan bagian bodi mobil yang sudah hancur supaya tersambung.

4.      Paintless Dent Removal

Paintless dent removal atau singkatannya PDR ialah metode guna memperbaiki bodi mobil yang penyok. Apa saja yang dikerjakan body repair pada metode ini? Perbaikannya akan membentuk ulang objek bodi yang rusak mengandalkan dent puller atau dent tools.

Memperbaiki Bodi Mobil di OKE BODY REPAIR

Setelah tahu apa saja yang dikerjakan body repair, sekarang kamu bisa memilih bengkel terpercaya untuk memperbaiki bodi mobil. Salah satu rekomendasinya adalah OKE BODY REPAIR.

Mengapa memilih OKE BODY REPAIR? Alasannya adalah sudah berpengalaman melayani pelanggan selama 10 tahun. Kamu boleh memilih layanan perbaikan, perawatan maupun pengecatan ulang.

Tidak perlu pergi jauh-jauh karena OKE BODY REPAIR berlokasi di Depok yang dekat dengan Jaksel dan Tangsel. Apa saja permasalahan pada bodi mobil, serahkan saja perbaikannya pada kami.

Misalnya saja perlu memperbaiki bumper atau menghilangkan karat. Kami bisa memperbaikinya dengan rapi kemudian menghilangkan karat sebelum dicat.

Lalu, apa saja yang dikerjakan body repair di bengkel kami? Kami bisa memperbaiki kerusakan seperti baret, penyok dan tabrakan. Bahkan, bisa juga setting bumper, setting body kit hingga body custom.

Kami menggunakan bahan berkualitas dengan teknisi profesional, jadi hasilnya pasti akan memuaskan. Tersedia garansi untuk menjamin kualitas hasil pengerjaan.

Jadi, kalau perlu perbaikan atau pengecatan ulang bodi mobil, datang saja ke bengkel OKE BODY REPAIR. Sebelum itu, boleh juga menghubungi kami melalui 0812-5972-7788 atau https://okebodyrepair.com/. Dapatkan harga terbaik, bahan berkualitas dan garansi pelayanan.

Ketika bodi mobil mengalami baret atau penyok, cukup perbaiki melalui bengkel body repair. Setelah mempelajari apa saja yang dikerjakan body repair dalam artikel ini, kamu bisa memutuskan perbaikan sesuai keperluan.