Berapa Biaya Body Repair Mobil di Bengkel Umum?

Berapa Biaya Body Repair Mobil di Bengkel Umum?

Berapa Biaya Body Repair Mobil di Bengkel Umum? – Apakah kamu sedang mencari tahu berapa biaya body repair mobil? Seiring waktu dan penggunaan, bodi mobil pasti akan mengalami kerusakan sebab umur atau tergores ketika berkendara di jalan raya.

Ketika ada kerusakan, tentu mau tidak mau harus melakukan perbaikan bodi mobil yang terkadang juga perlu pengecatan ulang. Semuanya bisa dilakukan cukup dengan pergi ke bengkel body repair.

Sebelum pergi ke bengkel, ada baiknya untuk menghitung estimasi biaya yang mungkin nantinya harus dikeluarkan. Jadi, simak saja estimasi biayanya dalam artikel ini.

Perbedaan Body Repair di Bengkel Resmi dan Bengkel Umum

Berapa biaya body repair mobil di bengkel resmi dan umum? Harga jasanya cukup berbeda, biasanya menyesuaikan kualitas pengerjaan dan kualitas produk yang digunakan.

Kalau kamu memperhatikan, pasti ada perbedaan harga antara bengkel resmi dengan bengkel umum. Akan tetapi, bukan berarti setiap harga yang lebih murah, lantas menandakan hasil pengerjaannya kurang bagus.

Terkadang, kamu memang perlu riset atau survei bengkel supaya tidak mendapat harga yang terlalu mahal. Sebab, ada saja jasa yang memberikan harga mahal padahal kualitas pengerjaannya kurang bagus.

Jadi, kamu perlu memilih bengkel yang memberikan harga ekonomis namun hasil pengerjaannya berkualitas tinggi. Harganya sendiri biasanya disesuaikan dengan tingkat kerusakan atau ukuran luas bodi yang luka.

Ketika memilih bengkel, jangan hanya fokus pada berapa biaya body repair mobil. Jika hanya memilih harga murah, bisa saja hasilnya jadi belang atau cat mobil kurang rapi. Jadi, memang banyak hal yang perlu diperhatikan sebelum memilih bengkelnya.

Secara umum, biaya untuk perbaikan bodi mobil dihitung berdasarkan setiap panel. Jadi, semakin banyak panel yang harus diperbaiki tentu harga jasanya akan semakin mahal.

Lantas, berapa biaya body repair mobil di bengkel umum? Biasanya harga untuk setiap panel kecil sekitar Rp 500 ribu sampai Rp 600 ribu. Sementara jika panel besar, harganya bisa sampai Rp 900 ribu hingga Rp 1 jutaan.

Sementara jika melakukan perbaikan sampai full body, sebaiknya siapkan dana kira-kira mulai dari Rp 8.5 juta. Jangan lupa survei dahulu harganya di bengkel pilihanmu.

Harganya jauh lebih murah jika dibandingkan dengan perbaikan di bengkel resmi yang biasanya sampai Rp 700 ribu hingga Rp 1,5 juta untuk panel kecil. Untuk panel besarnya akan di atasnya lagi.

Baca juga : Estimasi Waktu Berapa Lama Pengerjaan Body Repair di Bengkel

Berapa Biaya Body Repair di Bengkel Umum?

Dalam pembahasan di atas, kamu sudah dapat informasi berapa kisaran harga perbaikan bodi mobil. Lantas, apa yang membuat harganya menjadi lebih murah atau mahal?

Sebelum itu, kamu perlu tahu kalau permasalahan bodi mobil terkadang hanya berupa penyok tipis atau permukaannya sedikit masuk ke dalam. Umumnya hanya karena disandari oleh seseorang sehingga keindahan tampilan mobilnya menjadi berkurang.

Kalau penyok tersebut masih dalam kondisi ringan, maka biaya body repair tidak akan mahal. Biasanya, harganya juga sudah termasuk pengecatan ulang per panel.

Lantas, berapa biaya body repair mobil jika kerusakannya cukup serius? Apabila masalahnya seperti, maka kamu perlu mempertimbangkan untuk melakukan perbaikan dan pengecatan ulang, jadi pasti harganya akan lebih mahal.

Sebenarnya perbaikan bodi mobil memuat banyak hal. Mulai dari perbaikan penyok, pengelasan karat, pengecatan hingga finishing. Biaya untuk semua hal tersebut akan dihitung per panel.

Jadi, ketika kerusakannya cukup parah, tentu harga perbaikan per panel jadi lebih mahal. Karena, biayanya tidak sekedar memperbaiki kerusakan namun juga sampai pengecatan.

Lantas, berapa biaya body repair mobil jika hanya untuk perbaikan tanpa pengecatan? Biasanya harganya akan jauh lebih murah. Namun, apakah kamu mau estetika mobil jadi berkurang karena warnanya terlihat belang?

Jadi, akan lebih baik untuk melakukan perbaikan sekaligus pengecatan ulang. Jadi, tampilan mobil akan tetap terlihat bagus meskipun pernah penyok atau tergores.

Selain itu, perhatikan harga jasa di bengkel umum yang kamu pilih. Perhatikan alat dan bahan yang digunakan, jangan sampai nantinya menyesal tertipu harga. Perhatikan pula teknisi yang melakukan perbaikan karena keahliannya akan menentukan hasil.

Tips Agar dapat Harga Body Repair Murah

Ketika membahas berapa biaya body repair mobil, mungkin saja kamu merasa harganya cukup mahal. Terutama kalau melihat tingkat kerusakannya cukup parah. Meskipun begitu, masih bisa dapat harga lebih murah jika menerapkan tips di bawah ini.

1.      Tidak Wajib Mengganti Semua Komponen

Ketika penyok di bagian bodi terbilang ringan, biasanya tidak akan banyak berpengaruh pada komponen mobil. Terkadang, komponen akan baik-baik saja meskipun bodi ada yang luka.

Kemudian, ketika penyok sudah cukup parah, belum tentu juga komponen mobil harus diganti. Terkadang, hanya perlu dilakukan perbaikan sehingga biayanya jauh lebih murah daripada mengganti komponen baru.

Kamu bisa berkonsultasi dahulu ke pihak bengkel, apakah ada komponen yang perlu diganti atau cukup diperbaiki saja. Jika masih bisa diperbaiki, tidak perlu mengganti dengan yang baru, bukan?

Ada bengkel yang bisa memperbaiki kerusakan komponen mobil meskipun kerusakannya cukup parah. Biasanya menggunakan teknik khusus jadi hasilnya sangat memuaskan. Kamu cukup menemukan bengkel semacam itu, jadi biaya jauh lebih hemat.

2.      Riset Harga

Riset harga wajib dilakukan kalau ingin tahu berapa biaya body repair mobil. Coba temukan berbagai bengkel yang ada, lalu pilih yang harganya ekonomis dengan tetap mempertimbangkan kualitas.

Jangan sekedar mencari informasi pada satu bengkel. Karena, mungkin saja ada bengkel lainnya yang berani memberikan harga murah dengan kualitas sama.

Kalau tidak mau melakukan riset, bisa saja terjebak pada bengkel yang memberikan harga mahal namun pengerjaannya asal-asalan. Jadi, pasti harus mengeluarkan lebih banyak uang.

Biaya Cat Mobil Full Bodi

Pada pembahasan sebelumnya, lebih fokus pada berapa biaya body repair mobil karena kerusakan. Padahal, bengkel juga bisa dimanfaatkan untuk melakukan pengecatan ulang sekedar mengganti warna karena bosan atau ingin merasa lebih segar dan baru.

Harga untuk perbaikan bodi mobil dengan pengecatan ulang tentu berbeda. Terutama jika pengecatannya dilakukan secara menyeluruh, bukan sekedar satu atau dua panel.

Umumnya, pengecatan full body mengandalkan teknik cat oven. Bisa juga menjemurnya di bawah sinar matahari secara langsung. Pengecatan sendiri bisa menggunakan berbagai pilihan teknik.

Apabila ingin hasil pengecatan ulang maksimal, kamu perlu memilih cat berkualitas dengan kandungan bahan yang yang baik untuk jangka panjang. Jadi, proses dan bahan catnya akan mempengaruhi hasil akhir.

Ketika membahas berapa biaya body repair mobil, harganya disesuaikan dengan jenis kerusakan dan juga cat yang dipakai. Misalnya saja bisa menggunakan bahan dasar Blinken, Apsara, DuPont atau Nippon Paint, harganya cukup murah.

Sementara apabila mengandalkan bahan Spies Hecker atau Sikkens, harganya akan lebih mahal. Harga jasa ini juga mungkin berubah ketika harga bahannya naik.

Kalau ingin dapat harga lebih murah, kamu bisa memilih untuk melakukan pengecatan pada beberapa panel. Jadi, tidak melakukan pengecatan sampai full body.

Jika memang ingin melakukan pengecatan full body, coba diskusikan dahulu dengan pihak bengkel pilihanmu. Tanyakan secara rinci berapa biayanya jadi tidak akan terkejut saat nanti membayar tagihannya.

Kemudian, jangan lupa pilih bengkel terpercaya sebelum melakukan pengecatan full body pada mobil. Supaya hasil pengecatannya nanti bagus dan memuaskan.

Tips Supaya Terhindar dari Mobil Penyok

Ketika membaca informasi berapa biaya body repair mobil di atas, apakah kamu merasa jadi perlu lebih berhati-hati dalam berkendara? Jika iya, coba simak beberapa tips di bawah ini supaya terhindar dari mobil penyok.

1.      Tidak Parkir di Area Dekat Pejalan Kaki

Tips pertama untuk menghindari penyok adalah menghindari parkir di area yang dekat dengan pejalan kaki. Karena, dikhawatirkan nanti mobil tergores oleh barang bawaan dari para pejalan kaki.

2.      Memperhatikan Tanda Batas Parkir

Kalau kamu memarkir kendaraan di lahan khusus parkir, pastikan untuk memperhatikan tanda batas parkir yang biasanya berwarna putih. Coba memarkirkannya tepat di bagian tengah batas.

Kalau tanda batas parkirnya berupa beton, perhatikan ketinggian dan posisi tandanya. Jangan sampai mobil menyentuh pembatas, karena mungkin saja terjadi goresan atau penyok.

Jangan sampai gegabah ketika melakukan parkir, lalu bodi mobil tergores. Jadi akhirnya kamu harus memikirkan berapa biaya body repair mobil dan mengeluarkan sejumlah uang untuk perbaikannya.

3.      Memperhatikan Mobil Lain Ketika Parkir

Ketika parkir, jangan lupa untuk memperhatikan jarak dengan mobil lainnya. Jangan sampai jaraknya terlalu dekat, karena ada risiko tergores pintu mobilnya.

Apakah Biaya Body Repair Mahal?

Ketika membaca informasi berapa biaya body repair mobil di atas, apakah kamu merasa harganya mahal? Mungkin saja ada yang merasa mahal karena harus mengeluarkan uang beberapa ratus ribu bahkan bisa sampai jutaan.

Kalau kamu juga merasa harganya mahal, coba simak beberapa kriteria di bawah ini yang mempengaruhi harga body repair di bengkel. Jadi, nantinya akan lebih mengerti kenapa biayanya bisa sampai ratusan ribu bahkan jutaan.

1.      Upah Tenaga Kerja

Kalau membahas berapa biaya body repair mobil, kamu wajib memahami sedikit tentang upah tenaga kerja. Gaji mekanik biasanya dihitung per jam dan mempertimbangkan lamanya waktu perbaikan mobil. Selain itu semakin bagus skill mekanik, akan mempengaruhi tingginya gaji mekanik.

Aturan lamanya perbaikan ialah rata-rata waktu yang dibutuhkan oleh mekanik ketika melakukan perbaikan. Angka ini diatur oleh mekaniknya ketika mengerjakan perbaikan. Jadi, perhitungannya bisa berbeda untuk setiap mekanik atau teknisi.

Akan tetapi, bengkel punya tanggung jawab untuk menyelesaikan pekerjaannya sesuai dengan perjanjian bersama pelanggan. Terkadang, mungkin saja waktu pengerjaannya jauh lebih cepat atau lebih lambat dari perjanjian.

2.      Peralatan dan Perlengkapan

Kenapa harga untuk setiap bagian mobil bisa berbeda? Karena, ada sejumlah peralatan atau perlengkapan yang berbeda. Setiap peralatan dan perlengkapan juga ada biaya perawatan tersendiri yang harus dikeluarkan oleh bengkel.

Semakin canggih peralatan dan perlengkapan, biasanya biaya perawatannya juga semakin tinggi. Jadi, tidak perlu heran jika biaya perbaikan bisa sampai beberapa jutaan.

Selain itu, biasanya mekanik juga harus menjalani pelatihan khusus untuk mengikuti perkembangan teknologi otomotif. Sehingga bengkel harus mengeluarkan biaya untuk memberi pelatihan pada mereka.

Jadi, memang ada banyak biaya yang dikeluarkan bengkel untuk memberikan hasil perbaikan memuaskan untuk pelanggan. Setelah tahu beberapa hal ini, apakah kamu masih merasa harga body repair mahal?

Kalau misalnya masih merasa mahal dengan estimasi biaya body repair dalam artikel ini, coba pertimbangkan untuk memperbaiki bodi mobil di OKE BODY REPAIR. Kamu pasti akan dapat harga ekonomis dan hasil memuaskan. Hubungi kami melalui 0812-5972-7788 atau website OKEBODYREPAIR.

Sebenarnya ada banyak bengkel di tanah air yang bisa melakukan body repair. Namun, pastikan untuk cari tahu berapa biaya body repair mobil dan kualitas pengerjaannya.