Estimasi Waktu Berapa Lama Pengerjaan Body Repair di Bengkel

Estimasi Waktu Berapa Lama Pengerjaan Body Repair di Bengkel

Estimasi Waktu Berapa Lama Pengerjaan Body Repair di Bengkel – Kira-kira berapa lama pengerjaan body repair? Kalau belum pernah menggunakan jasa bengkel body repair, mungkin saja kamu juga punya pertanyaan semacam ini.

Body repair sendiri adalah layanan yang bisa membantu membuat bodi mobil tampak mulus kembali setelah mengalami lecet atau penyok. Biasanya, lecet atau penyok bisa terjadi setelah mengalami kecelakaan.

Ketika lecet atau penyok dibiarkan begitu saja, tentu nantinya akan membahayakan keselamatan penumpang terutama kalau ada komponen mobil yang terganggu. Jadi, pastikan untuk menggunakan jasa bengkel body repair jika ada kerusakan bodi mobil.

Estimasi Waktu Berapa Lama Pengerjaan Body Repair

Body repair ialah perbaikan di bagian bodi mobil yang biasanya disebabkan oleh tabrakan atau hanya karena pemakaian sehari-hari. Perbaikan tersebut umumnya berupa perbaikan hingga penggantian panel.

Lantas, berapa lama pengerjaan body repair? Pengerjaan perbaikan yang ringan sebenarnya tidak memakan waktu lama, biasanya hanya sekedar 1 sampai 2 hari, tergantung tingkat keparahan kerusakan mobilnya.

Jadi, kalau ada baret atau penyok di mobil, langsung saja ke bengkel body repair untuk memperbaikinya. Terutama jika kerusakannya ringan, tidak perlu sampai menunggu terlalu lama, cukup beberapa hari saja.

Tetapi, kalau kerusakannya cukup parah, mungkin saja perlu menunggu hingga berminggu-minggu. Misalnya saja ketika kerusakannya pada 4 hingga 7 panel atau 1-2 panel tapi berat. Karena kerusakannya cukup berat, tentu waktu pengerjaannya jadi lebih lama.

Apabila ada pertanyaan berapa lama pengerjaan body repair, coba perhatikan dahulu berapa tingkat kerusakan panel bodi mobilmu. Kalau kerusakannya ringan, tentu waktu pengerjaannya cepat. Sementara kerusakan berat akan butuh waktu lebih lama.

Kerusakan berat juga bisa butuh waktu lama karena memerlukan ketersediaan dari komponen mobil. Apabila komponennya ada yang belum tersedia langsung di bengkel, tentu perlu waktu menunggu komponennya agar bisa disetting dengan baik.

Kamu tidak perlu terburu-buru ingin pengerjaan body repair cepat selesai. Tunggu saja teknisi menyelesaikan perbaikannya sesuai standar dengan hasil profesional.

Jangan mudah tergoda dengan jasa yang menawarkan body repair terlalu cepat. Karena, mungkin saja hasilnya akan kurang maksimal atau kurang rapi. Jadinya justru tampilan mobil terasa kurang bagus.

Baca juga : Apa Itu Body Repair? Kenali Definisi dan Manfaatnya Di Sini

Masalah Umum pada Mobil hingga Perlu Body Repair

Selain mempertanyakan berapa lama pengerjaan body repair, apakah kamu juga mempertanyakan masalah apa yang biasanya terjadi pada mobil hingga memerlukan body repair? Jika iya, coba simak dahulu beberapa kemungkinan masalahnya di bawah ini.

1.      Penyok

Masalah paling umum pada bodi mobil adalah penyok. Penyok ialah kondisi ketika bodi berubah bentuk sebab benturan. Sebenarnya perubahan bentuk karena benturan lantas menjadi penyok tidak selalu berdampak parah.

Material bodi mobil punyai batas elastisitas tertentu. Jadi, kalau penyok ringan mungkin bisa diperbaiki sendiri. Tapi biasanya tetap perlu skill perbaikan, tidak semudah seperti yang dilihat di youtube.

Akan tetapi, kalau penyok sudah cukup parah, kamu wajib datang ke bengkel body repair. Konsultasikan kerusakannya lalu dapatkan penanganan profesional.

Biasanya penyok parah bisa disebabkan oleh berbagai hal. Misalnya saja menabrak atau terlibat kecelakaan ketika berkendara. Jadi, tingkat keparahan penyok akan mempengaruhi waktu perbaikan.

2.      Karat

Karat bisa terjadi kalau ada bagian mobil yang terkena asam dari udara, lingkungan lembab, atau kena air garam/ air laut. Kamu tahu bukan jika bodi mobil terbuat dari material logam? Logam bisa saja berkarat lalu menjadi keropos dan keindahan tampilannya menurun.

Biasanya karat bisa dihindari dengan memberi lapisan cat anti karat. Kalau misalnya mobilmu sampai berkarat, cukup bawa saja ke bengkel untuk diperbaiki dan diberi lapisan cat anti karat lagi

Lalu, berapa lama pengerjaan body repair untuk mobil berkarat? Konsultasikan saja berapa parah karat yang ada di bodi mobil, jadi nanti bisa tahu berapa lama waktu untuk mengatasinya.

Masalah Lain yang Memerlukan Body Repair

Selain penyok dan karat, masih ada masalah lain pada bodi mobil yang membuatmu harus pergi ke bengkel body repair. Ini dia beberapa masalah yang mungkin terjadi.

1.      Berjamur

Masalah lainnya yang mungkin menimpa bodi mobil adalah jamur. Jamur bisa saja muncul ketika bodi mobil lembap lalu dibiarkan kering begitu saja. Padahal, seharusnya perlu dikeringkan menggunakan handuk atau alat lainnya.

Kalau jamurnya masih ringan, biasanya bisa dihilangkan hanya dengan membilas bodi mobil lalu dikeringkan. Namun, kalau sudah cukup parah, sebaiknya pergi ke bengkel body repair untuk menghilangkan jamur dan mencegahnya datang lagi.

Lantas, berapa lama pengerjaan body repair yang kerusakannya disebabkan oleh jamur? Tentu saja waktu pengerjaannya akan menyesuaikan tingkat keparahan jamurnya.

2.      Terkontaminasi Cairan

Selain terkena jamur, bodi mobil juga bisa saja terkontaminasi cairan tertentu. Cairannya dapat berasal dari lingkungan secara alami maupun cairan kimia.

Cairan alami misalnya saja berupa kotoran hewan, getah pohon atau cairan lainnya yang terbilang sulit untuk dihilangkan. Terutama kalau cairannya sudah mengering dan mengeras.

Sementara cairan kimia biasanya berupa bekas minuman atau cairan lainnya dengan sifat asam yang mungkin mengikis cat mobil. Lantas, berapa lama pengerjaan body repair karena terkontaminasi cairan? Tentu akan menyesuaikan dampak dari cairannya.

Kalau bodi mobil baru pertama kali terkena cairan, sebaiknya segera membilasnya. Jangan sampai membiarkan cairannya mengering lalu terjadi reaksi yang merusak bodi mobil.

Cukup bilas dengan air dan gunakan sikat untuk menyingkirkan cairannya sampai bersih. Tidak perlu sampai mengikis cat pada kendaraan agar keindahan tampilannya tidak menurun.

Kenapa Harus ke Bengkel Body Repair?

ketika membahas berapa lama pengerjaan body repair lalu kamu mendapati perlu waktu cukup lama jika tingkat kerusakannya parah, mungkin saja muncul pertanyaan mengapa harus ke bengkel body repair.

1.      Perbaikan

Alasan pertama kenapa kamu harus memilih bengkel body repair adalah karena bisa mendapatkan perbaikan atas kerusakan bodi mobil. Selain itu, bisa juga mendapatkan pengecatan ulang karena lecet atau mungkin tabrakan.

Selain perbaikan, sebenarnya kamu juga boleh melakukan pengecatan ulang pada bodi mobil untuk membuatnya tampak lebih segar. Misalnya warna asli adalah hitam lalu kamu mengecat ulang seluruhnya dengan warna merah di bengkel body repair. Tapi perhatikan hal lain juga seperti perlunya pergantian di surat-surat mobil ya.

2.      Ada SOP

Alasan lainnya adalah adanya SOP atau Standart Operation Procedure. SOP akan memberikan jaminan terhadap kualitas pengerjaan. Jadi, jangan khawatir dengan hasil pengerjaan dari teknisi bengkel.

3.      Kepastian Waktu

Kalau kamu bertanya berapa lama pengerjaan body repair, biasanya akan dapat kepastian waktu dari pihak bengkel. Karena ditangani oleh teknisi profesional, tentu ada informasi waktu kapan mobilnya akan selesai diperbaiki walaupun sebatas estimasi kasar saja.

4.      Kesesuaian Jenis Cat

Jika melakukan body repair di bengkel terpercaya, kamu boleh memilih sendiri cat yang diinginkan untuk bodi mobil. Misalnya saja hanya ingin mengecat pada bagian panel yang rusak.

Boleh juga melakukan pengecatan ulang pada semua panel dengan warna yang diinginkan. Biasanya ada banyak varian warna cat di bengkel, jadi pilih saja yang kamu mau dengan bebas.

Selain bebas memilih jenis atau warna cat, biasanya hasil finishing juga cukup memuaskan. Mobil akan tampak lebih mengkilap seperti baru dengan perlindungan dari karat dan jamur.

Tahapan Perbaikan di Bengkel Body Repair

Ketika membahas pertanyaan berapa lama pengerjaan body repair, mungkin saja ada pertanyaan tambahan mengapa waktunya bisa cukup lama. Waktu pengerjaannya akan memuat beberapa tahapan di bawah ini.

1.      Identifikasi

Tahap pertama yang dilakukan oleh bengkel ialah melakukan identifikasi pada panel yang mengalami kerusakan. Ketika ada di tahap ini, teknisi akan tahu apa saja yang nantinya perlu dikerjakan untuk memperbaiki kerusakan.

Melalui tahap identifikasi, teknisi tidak akan melewatkan salah satu bagian bodi mobil ketika melakukan perbaikan. Ketika tahap ini sudah selesai, teknisi bisa melakukan pengetokan dan pendempulan di bagian yang perlu.

2.      Perbaikan

Tahap selanjutnya adalah memperbaiki panel yang rusak. Pada tahap ini, teknisi akan membersihkan atau mengamplas, mengetok, setting body, mendempul hingga mengecat ulang bodi mobil.

Berapa lama pengerjaan body repair pada tahap perbaikan? Tentu tahap ini akan memerlukan beberapa waktu. Karena proses pendempulan saja bisa diulang sampai beberapa kali kalau lecet pada bodi mobil cukup dalam.

Kalau sudah didempul, baru bisa lanjut ke proses foxy. Foxy ialah pengecatan warna dasar jadi, ketika melakukan pengecatan warna aslinya, hasilnya akan tampak maksimal.

3.      Finishing

Tahap terakhir adalah finishing, yakni dengan melakukan pemolesan pada bagian bodi mobil supaya tampak mengkilap. Jika penasaran berapa lama pengerjaan body repair pada tahap finishing, bisa langsung bertanya ke bengkel.

Jadi, ada beberapa tahap dalam body repair, mulai dari identifikasi, perbaikan sampai finishing. Tidak perlu heran lagi jika waktu pengerjaannya cukup lama, tidak bisa hanya dalam waktu satu atau dua jam.

Sebaiknya konsultasikan dahulu mobil kamu ke bengkel sebelum melakukan body repair. Tanyakan saja estimasi waktu perbaikannya jadi bisa dapat kepastian waktu.

Memperbaiki Bodi Mobil di Oke Body Repair

Salah satu solusi untuk memperbaiki body mobil ialah di bengkel OKE BODY REPAIR. Kamu bisa memperbaiki, merawat maupun mengecat ulang kendaraan di bengkel ini. Kamu juga akan memperoleh beragam keuntungan berikut.

1.      Berpengalaman

Berapa lama pengerjaan body repair di OKE BODY REPAIR? Karena mempunyai tim yang sudah berpengalaman lebih dari 10 tahun, waktu pengerjaannya terbilang cepat. Kemudian, hasil pengerjaannya juga dijamin lebih memuaskan.

2.      Bahan Berkualitas

Selain tim berpengalaman, OKE BODY REPAIR juga menggunakan bahan berkualitas untuk memperbaiki bodi mobil. Sehingga mobil akan terlihat lebih cerah, berkilau dan catnya tidak akan mudah pudar.

3.      Harga Bersahabat

Meskipun bahan berkualitas dan tim berpengalaman, kami memberikan harga ekonomis untuk pelanggan. Cukup dengan biaya terjangkau, sudah dapat kualitas perbaikan terbaik.

Kamu tidak perlu mengeluarkan terlalu banyak uang jika melakukan perbaikan bodi mobil di OKE BODY REPAIR. Mobilmu akan diperbaiki sesuai dengan keperluan dan harga jasanya terbilang murah.

4.      Finishing Detail

Kami menerapkan finishing dengan teknik salon atau detailing. Sehingga warna mobil tampak bagus dan hasilnya memuaskan. Ketika mempertanyakan berapa lama pengerjaan body repair, jangan lupa mempertimbangkan waktu untuk finishing ini.

5.      Bergaransi

Karena menggunakan bahan berkualitas, kami berani memberikan garansi pelayanan. Akan tetapi, ada syarat dan ketentuan yang perlu kamu penuhi untuk dapat garansinya.

Jadi, kalau mobilmu ada kerusakan karena kecelakaan, benturan atau mungkin karat, datang saja ke bengkel OKE BODY REPAIR. Melalui tenaga ahli berpengalaman, kamu akan dapat pelayanan terbaik. Boleh juga hubungi kami di 0812-5972-7788 atau kunjungi website kami di https://okebodyrepair.com/body-repair/.

Ketika memikirkan perbaikan bodi mobil, pasti ada banyak pertanyaan yang muncul di kepala. Salah satu pertanyaannya adalah berapa lama pengerjaan body repair yang jawabannya sudah bisa kamu temukan dalam artikel ini.