Apa Itu Body Repair? Kenali Definisi dan Manfaatnya Di Sini

Apa Itu Body Repair? Kenali Definisi dan Manfaatnya Di Sini

Apa Itu Body Repair? Kenali Definisi dan Manfaatnya Di Sini – Tahukah kamu apa itu body repair? Biasanya body repair diperlukan ketika mobil mengalami goresan, tabrakan atau kecelakaan untuk menjadikannya tampak mulus seperti baru kembali.

Ketika mobilmu terkena goresan atau benturan, pasti bagian bodi akan tampak penyok atau tidak lagi mulus. Lalu, pasti akan muncul perasaan kesal karena estetikanya berkurang.

Bahkan, mungkin saja fungsi pada komponen mobil jadi terhambat. Contohnya saja ketika kap atau pintu rusak, lantas tidak bisa dibuka atau ditutup. Kalau mengalami hal semacam ini, coba pahami dahulu tentang body repair di sini.

Apa Itu Body Repair? Ini Dia Definisinya

Ketika mempunyai mobil dan mengendarainya, pasti ada risiko kerusakan. Misalnya saja karena terserempet kendaraan lain, menabrak pagar pembatas di lahan parkir maupun mengalami kecelakaan.

Kalau sampai mengalami salah satu hal tersebut biasanya membuat mobil menjadi penyok. Akan tetapi, tidak perlu sampai merasa khawatir karena bisa diperbaiki dengan melakukan body repair.

Apa itu body repair? Yakni aktivitas memperbaiki bagian bodi mobil dengan memperbaiki atau mengganti panel atau lainnya menggunakan metode tertentu.

Misalnya saja kalau kerusakannya masih di tahap ringan dan sedang, biasanya metode yang dipakai ialah pemolesan maupun pengetokan ringan.

Sedangkan kalau kerusakannya sudah cukup berat, maka perbaikannya akan menggunakan metode pengetokan berat, tarik setting body, las dengan CO2 mig atau mag welding. Metode tersebut bisa memperbaiki, menyambung, atau mengganti panel.

Mungkin saja ketika mendengar apa itu body repair, kamu lebih akrab dengan aktivitas ketok magic sehingga mobil terlihat mulus. Padahal, aktivitas ini dilakukan untuk mengembalikan penyok kendaraan saja, belum pada perbaikan kondisi catnya.

Memang, ada banyak orang yang hanya melakukan body repair untuk mengembalikan penyok mobil. Sehingga plat mobilnya tampak lurus lagi lagi.

Lalu, ada pula sebagian orang yang juga memperbaiki warna mobil dengan cat ulang. Jadi, memperbaiki kondisi plat mobil dan memberikan warna ulang untuk mobilnya. Hal ini dilakukan secara keseluruhan.

Ketika membahas apa itu body repair, ada satu hal penting yang tidak boleh kamu lewatkan. Body Repair ini adalah satu rangkaian proses yang dilakukan secara bertahap mulai dari perbaikan panel hingga poles atau detailing panel mobil tersebut.

Baca juga : Mobil Seperti Baru Dengan Perawatan dan Informasi Lengkap Harga Paket Detailing Mobil!

Fungsi Body Repair bagi Mobil

Setelah tahu apa itu body repair, kenali juga apa fungsinya untuk mobil. Secara sederhana, fungsinya untuk memperbaiki bodi kendaraan, mulai dari kerusakan ringan berupa warna cat tergores sampai kerusakan berat berupa mobil penyok.

1.      Memperbaiki Lapisan Cat

Salah satu fungsi body repair ialah menutup lapisan cat yang mengalami baret. Ketika lapisan cat mengalami kerusakan, maka bisa dicat ulang menggunakan beberapa lapisan. Jadi, bukan sekedar memoles mobilnya untuk menutupi baret.

Biasanya, pengecatan ulang ini dilakukan per panel atau bisa juga untuk full bodi. Kalau kerusakannya ringan dengan sedikit baret, cukup mengecat per panel. Tetapi kalau kerusakannya cukup parah, sebaiknya melakukan pengecatan ulang full bodi.

2.      Mencegah Timbulnya Karat

Mempelajari apa itu body repair tentu tidak cukup tanpa mempelajari beberapa fungsinya. Fungsi lainnya dari dari aktivitas ini adalah mencegah timbulnya karat pada baret yang cukup dalam.

Kalau baret yang dalam tidak dipoles dengan beberapa lapisan, nantinya bisa timbul karat. Jika sudah begitu, pasti tampilan mobilnya jadi tampak jelek. Jadi, perlu dilakukan pengecatan sampai empat lapis supaya karat tidak muncul.

Jadi, perbaikan pada mobil juga berguna untuk memelihara bodi kendaraan supaya tidak mudah terkena karat. Lalu, tampilannya akan lebih menawan.

3.      Memperbaiki Bodi Penyok

Fungsi lain yang tidak bisa dilewatkan pada perbaikan mobil adalah memperbaiki permukaan penyok karena benturan maupun kecelakaan. Ketika ada penyok dan diperbaiki, nantinya bodi akan kembali rata.

Penyok pada kendaraan bisa di tahapan ringan sampai berat, jadi perbaikannya berbeda-beda. Penyok ringan cukup mudah diperbaiki, sementara penyok parah akan memerlukan perbaikan lebih kompleks.

Faktor Penyebab Bodi Mobil Mengalami Penyok

Ketika membahas apa itu body repair, mungkin saja muncul pertanyaan tentang faktor yang menyebabkan bodi mobil sampai penyok. Ada banyak sekali faktor yang mungkin menyebabkan penyok, seperti berikut ini.

1.      Kurang Hati-Hati Ketika Parkir

Bisa saja mobil mengalami penyok ringan hanya karena teledor atau kurang hati-hati ketika melakukan parkir. Kalau kamu kurang hati-hati ketika parkir, mungkin saja mobil akan terkena berbagai benda di sekitarnya.

Terutama ketika lahan parkirnya sempit, mungkin saja mobilmu akan mudah menabrak dan akhirnya ada bagian bodi yang penyok.

2.      Tertimpa Benda Jatuh

Ada banyak sekali hal sederhana yang bisa menyebabkan mobil menjadi penyok. Lalu, harus mempelajari apa itu body repair dan segera melakukannya untuk memperbaiki masalah.

Faktor sederhana lainnya yang mungkin saja menyebabkan mobil penyok adalah tertimpa benda jatuh. Bisa di bagian atap, depan maupun belakang.

Benda yang jatuh bisa saja berukuran kecil hingga besar, misalnya sekedar kerikil, buah jatuh, sampai batu besar. Kalau jatuhnya di bagian atap, mungkin saja akan menyebabkan penyok.

3.      Tabrakan

Tabrakan adalah hal umum yang membuat seseorang mempelajari apa itu body repair. Tabrakan sangat mungkin terjadi ketika berkendara di jalan raya. Mungkin kamu sendiri juga pernah melihat kecelakaan lalu lintas di mana ada mobil tertabrak lalu bodi tampak penyok.

Jika kecelakaan masih skala ringan, biasanya penyok masih terbilang ringan. Sementara jika kecelakaan cukup parah, biasanya penyok juga akan parah jadi perlu perbaikan lebih rumit.

Manfaat Melakukan Body Repair pada Mobil

Mengapa ada banyak orang yang mempelajari apa itu body repair dan melakukan aktivitas tersebut? Alasannya adalah karena ada banyak manfaat yang bisa dirasakan, terutama membantu memperbaiki mobil ke kondisi awal.

Manfaat utamanya adalah memperbaiki bodi mobil rusak sehingga kembali pada keadaan semula. Selain itu juga bisa mengembalikan warnanya sehingga tampak mengkilap seperti baru. Selain itu, ada pula manfaat lainnya seperti berikut.

1.      Meningkatkan Keamanan

Kalau ada sedikit saja penyok pada bagian mobil, misalnya di bumper depan atau pintu, mungkin saja penumpangnya akan mengalami hambatan sebab ada komponen yg terganggu.

Keadaan tersebut bisa saja membahayakan sopir termasuk penumpang di dalam mobil. Risikonya adalah terjadi kecelakaan ketika di jalan terutama jika kerusakan komponen mengganggu jalannya mobil. Jadi, perbaikan bodi mobil akan membantu meningkatkan keamanan berkendara.

2.      Melindungi Mesin

Tanpa mempelajari apa itu body repair dan tidak melakukannya ketika ada penyok pada bodi mobil, mungkin saja terjadi kerusakan di bagian mesin.

Contohnya saja saat ada bagian yang berlubang pada kap mobil, risikonya air akan masuk ke bagian mesin. Lalu, mungkin saja air masuk sehingga berpengaruh pada kelistrikan atau bagian mesin.

Jadi, memelihara bodi mobil termasuk salah satu cara untuk merawat mobil supaya tetap dalam performa yang baik. Kamu bisa memelihara bodi mobil dengan mengandalkan jasa body repair.

3.      Meningkatkan Nilai Mobil

Ketika ada goresan atau kerusakan lainnya, tentu nilai mobil akan berkurang. Jadi, akan lebih sulit bagimu untuk menjual mobilnya. Berbeda dengan kendaraan yang mulus pasti akan lebih mudah laku atau terjual.

Selain sulit terjual, biasanya calon pembeli juga akan menawar dengan harga rendah mengingat keadaan mobilnya ada kerusakan. Jadi, pastikan memelihara keadaan bodi mobil supaya nilainya tetap tinggi.

Tips Mendapatkan Bengkel Body Repair yang Bagus

Selain memahami apa itu body repair dan berbagai materi penting lainnya, kamu juga perlu tahu bagaimana menemukan bengkel yang bagus. Perlu berhati-hati ketika memilih supaya mendapatkan bengkel berkualitas dan terpercaya.

Ketika mendapati bodi mobil rusak atau sekedar ingin mengganti warna cat, jangan terburu-buru pergi ke bengkel. Terapkan dahulu beberapa tips di bawah ini supaya hasil pengerjaannya nanti lebih maksimal.

1.      Mencari atau Meminta Rekomendasi

Kalau belum pernah datang ke bengkel body repair, coba cari atau minta rekomendasi. Misalnya saja bertanya ke sesama pecinta otomotif mengenai bengkel yang paling direkomendasikan.

Jadi, bisa tahu pendapat pelanggan tentang pelayanan di suatu bengkel. Kalau sudah bertanya ke beberapa orang dan dapat satu bengkel paling direkomendasikan, coba pertimbangkan bengkel tersebut.

Selain itu, bisa juga mencari di internet tentang bengkel yang punya pelayanan dan hasil pengerjaan berkualitas. Lalu, tentukan mana bengkel yang menurutmu paling bagus.

2.      Memilih Bengkel Sesuai Keperluan

Tips terakhir untuk menemukan bengkel terbaik setelah mempelajari apa itu body repair adalah memilih bengkel yang sesuai dengan keperluan. Pastikan layanannya terpercaya supaya hasil pengerjaannya juga berkualitas.

Coba perhatikan teknisi dan alat yang digunakan dalam body repair. Pastikan teknisi memberikan layanan berkualitas dan menggunakan alat berkualitas pula.

Jadi, kamu akan terhindar dari hasil cat belang atau tidak rata. Selain itu, terhindar pula dari risiko pengerjaan kurang rapi. Jadi, hasilnya akan profesional dan sesuai dengan keperluan.

Memperbaiki Mobil di Oke Body Repair

Setelah mempelajari apa itu body repair, termasuk fungsi dan manfaatnya, sekarang kamu bisa pergi ke bengkel terpercaya. Salah satu rekomendasi bengkelnya adalah OKE BODY REPAIR.

OKE BODY REPAIR adalah jasa bengkel profesional yang menyediakan perbaikan mobil. Kalau kamu membutuhkan bengkel dari sekitar Depok, Jakarta Selatan (Jaksel) maupun Tangerang Selatan (Tangsel), datang saja ke OKE BODY REPAIR.

OKE BODY REPAIR sudah mempunyai banyak pelanggan dan mereka puas dengan hasil pengerjaan dari teknisi. Kamu juga bisa melihat ulasan pelanggan melalui Google setelah mempelajari apa itu body repair.

Jadi, kredibilitas bengkel ini sudah terpercaya. Kamu juga boleh datang langsung ke bengkel untuk melihat sendiri bagaimana teknisi mengerjakan perbaikan mobil, termasuk melihat langsung alat yang digunakan.

Kalau melihat sendiri prosesnya di bengkel, kamu bisa menilai sendiri apakah hasil pengerjaan teknisi sudah cukup profesional atau belum. Jadi, bisa memperkirakan hasil pengerjaan dari mobilmu ketika diperbaiki.

Kamu juga bisa melihat sendiri berapa banyak pelanggan yang datang ke bengkel. Silahkan memperhatikan berapa banyak antrian orang maupun mobil yang dikerjakan di bengkel.

Banyaknya pelanggan keluar masuk bengkel bergantian akan menjadi bukti bahwa OKE BODY REPAIR memang mempunyai pelayanan berkualitas. Sehingga sudah banyak orang yang berlangganan untuk mengecat ulang maupun memperbaiki bodi mobil.

Jadi, tidak perlu riset untuk menemukan bengkel lagi. Cukup serahkan urusan perbaikan bodi mobil di OKE BODY REPAIR yang dapat dihubungi melalui 0812-5972-7788 atau bisa kunjungi website kami di https://okebodyrepair.com/body-repair/.