Alat dan Bahan Body Repair Mobil

Alat dan Bahan Body Repair Mobil

Alat dan Bahan Body Repair Mobil – Alat dan bahan body repair mobil yang perlu kamu ketahui. Bagi kamu pecinta otomotif, terutama yang punya mobil kesayangan sini-sini kumpul. Pastinya penjelasan berikut ini akan sangat menarik untuk kita kulik bersama. Mobil adalah transportasi yang paling umum di masyarakat. Tentu saja kehadirannya mampu membantu mobilitas dan aktivitas sehari-hari. Maka daripada itu sisi kenyamanan dan estetikanya perlu kamu perhatikan. Meski nyaman digunakan karena mesinnya yang aman, jika dari tampilan body mobil ternyata mengalami kerusakan, pasti akan sangat mengganggu bukan? Kerusakan pada body mobil seperti cat mobil kusam, tergores, penyok, atau bagian mobil terkoyak akan sangat tidak nyaman di mata. Baik bagi yang menggunakan maupun yang melihatnya. Maka penting nih sob untuk kamu menambah pengetahuan tentang body repair mobil. 

Apakah bisa Melakukan Body Repair Mobil Sendiri di Rumah?

Tentu saja bisa. Tidak ada salahnya belajar melakukan repair body mobil sendiri di rumah. Selain menambah pengetahuan, kamu juga bisa lebih berhemat karena tidak perlu mengeluarkan biaya untuk ke bengkel. Namun perlu kamu ingat, repair body mobil sendiri di rumah dapat kamu lakukan tergantung tingkat kerusakan. Jika kerusakan yang ada pada mobil itu ringan, seperti memperbaiki goresan ringan, maka memperbaiki sendiri di rumah bisa menjadi alternatif. Namun jika tingkat kerusakan parah, maka kamu membutuhkan keterampilan khusus sehingga pergi ke bengkel bisa jadi solusi yang tepat. Pembahasan berikutnya kita akan membahas nih terkait alat dan bahan body repair mobil yang kamu perlukan jika ingin melakukannya di rumah.

Baca juga : Apa Saja Yang Diperbaiki Pada Body Repair Mobil

Alat dan Bahan yang Kamu Butuhkan untuk Body Repair Mobil 

Supaya hasil dari perbaikan mobil yang kamu lakukan dapat maksimal, maka kamu membutuhkan beberapa alat ini sob. Antara lain: 

  1. Palu penghalus (Body Hammer): Buat meratakan bodi mobil yang penyok atau ga rata.
  2. Slapper file: Berguna buat perbaiki kerusakan yang lebih besar. 
  3. Penggaris pengukur (Measuring Gauge): Biar bisa ukur dimensi dan sudut bodi dengan tepat. 
  4. Kunci pengait (Pulling Clamp): Penting buat narik dan pasang bagian bodi yang rusak. 
  5. Bor listrik dan amplas: Buat bersihkan cat lama, siapin permukaan buat perbaikan dan pengecatan. 
  6. Hair dryer: alat rumahan satu ini dapat membantu memperbaiki body yang penyok lho. Hawa panas dari hair dryer akan memudahkan kamu mengembalikan bagian yang penyok ke bentuk yang lebih bagus.

Dengan alat-alat ini, kamu dapat melakukan perbaikan mobil sederhana di rumah. Selain peralatan ada bahan-bahan yang perlu kamu siapkan juga untuk menunjang dalam proses body repair mobil. 

Bahan yang Kamu Butuhkan untuk Body Repair Mobil 

Sebagaimana penjelasan di awal, bahwa kamu membutuhkan alat dan bahan body repair mobil jika ingin melakukannya secara otodidak di rumah. Namun, tidak hanya alat-alat, kamu juga memerlukan bahan-bahan yang penting untuk proses perbaikan. Beberapa bahan yang umum digunakan dalam repair mobil meliputi:

  • Body filler (Bondo): Digunakan untuk mengisi kerusakan seperti penyok, lubang, atau goresan pada bodi mobil. 
  • Amplas: Digunakan untuk menghaluskan permukaan setelah perbaikan selesai. 
  • Cat, primer, dan clear coat: Digunakan untuk menutupi dan melindungi permukaan bodi setelah perbaikan selesai. 
  • Lem pengikat (Adhesive): Digunakan untuk merekatkan bagian bodi yang terpisah. 
  • Fiberglass: Digunakan untuk memperbaiki kerusakan pada bodi yang terbuat dari serat kaca. 
  • Body seam sealer: Digunakan untuk mengisi celah antara panel-panel bodi yang telah diganti atau diperbaiki. 

Nah, jika kamu telah mempersiapkan alat dan bahan body repair mobil dengan lengkap, maka sekarang waktunya kamu beraksi. Kamu dapat melakukan beberapa perbaikan sederhana. Supaya tidak keliru, minta bantuan temanmu yang lebih berpengalaman atau pelajari tutorialnya.

Diatas tadi kita sudah membahas alat dan bahan body repair mobil yang kamu perlukan jika ingin melakukannya sendiri di rumah. Namun, untuk kamu yang mempunyai kerusakan body mobil yang parah, maka menggunakan jasa profesional bisa menjadi jawaban yang tepat. Selain karena hasilnya yang optimal/ lebih baik, kamu juga bisa lebih menghemat tenaga. Meski kamu harus mengeluarkan biaya lebih. Di Oke Body Repair bengkel andalannya warga Depok Jawa Barat. Tersedia berbagai layanan dan jasa seperti; body repair, repaint, salon mobil detailing, dan restorasi mobil yang dikerjakan oleh para profesional dan terlatih. Gak usah bingung lagi sob, segera hubungi nomor berikut untuk reservasi atau info lebih lanjut 0812-597-7788.