Tekhnik Pembentukan Body Repair untuk Perbaikan Mobil

Tekhnik Pembentukan Body Repair untuk Perbaikan Mobil

Tekhnik Pembentukan Body Repair untuk Perbaikan Mobil – Tekhnik pembentukan body repair sangat beragam, biasanya disesuaikan beberapa kondisi pada mobil yang akan direparasi. Metode tersebut tergantung dengan kualitas pekerjaan, peralatan yang tersedia, jenis kerusakan, juga nilai atau harga dari kendaraannya.

Dengan adanya berbagai metode ini, maka setiap kerusakan pada badan mobil bisa dengan mudah diperbaiki. Bukan hanya itu saja, hasilnya juga lebih maksimal karena disesuaikan dengan kondisi dari setiap kendaraan yang akan direparasi.

Setiap tekhnik pembentukan body repair sendiri harus dilakukan oleh mekanik berpengalaman. Sebab jika langkah-langkah yang dilakukan kurang tepat, maka hasilnya juga tidak akan maksimal dan sesuai harapan.

Oleh karena itulah, kamu bisa langsung membawa kendaraan milikmu ke OKE BODY REPAIR untuk reparasi badan mobil. Sebab OKE BODY REPAIR memiliki tenaga ahli dan berpengalaman dalam menggunakan metode perbaikan sesuai kerusakan mobil.

Baca juga : Ketok Magic dan Body Repair, Apa Bedanya?

Tekhnik Pembentukan Body Repair Mobil

Seperti penjelasan sebelumnya, terdapat beberapa Tekhnik pembentukan untuk body repair biasa digunakan untuk memperbaiki kerusakan badan mobil. Berikut adalah penjelasan mengenai metode dan Tekhnik-Tekhniknya secara lengkap.

1.     Vacuum Cup

Vacuum cup merupakan salah satu metode hanya untuk memperbaiki kerusakan plat pada badan kendaraan. Kerusakan sendiri bisa diakibatkan benturan sehingga plat bodi mulur namun tidak melebihi batas elastisitas.

Jika kerusakannya sudah melebihi batas elastisitasnya, maka perbaikan menggunakan vacuum cup akan sulit dilakukan. Kerusakan melebihi batas elastisitas misalnya plat pada badan mobil mengalami kerusakan sehingga terbentuk sudut-sudut baru.

2.     Pendempulan 

Tekhnik pembentukan body repair selanjutnya adalah pendempulan, biasanya dilakukan sebelum pengecatan badan mobil yang baru diperbaiki. Dempul mobil dilakukan agar bagian yang penyok atau sudah terkelupas kembali sama seperti aslinya.

Pendempulan sendiri harus dilakukan oleh tenaga profesional agar tidak terjadi kesalahan dan hasilnya bisa maksimal. Ada beberapa jenis dempul perlu kamu ketahui agar lebih mudah membedakannya.

·       Dempul Epoxy Putty

Dempul epoxy putty sering disebut juga dengan dempul plamir, merupakan salah satu jenis yang tahan karat dan memiliki daya relat baik. Kekurangan dempul ini untuk tekhnik pembentukan body repair adalah waktu pengeringannya lebih lama.

Bahan utama pembuatan dempulnya sendiri adalah menggunakan amine dan juga epoxy resin. Biasanya penggunaan dempul epoxy putty untuk kendaraan roda empat akan dicampur dengan bahan lain yaitu tiner.

·       Dempul Polyester Putty

Dempul Polyester Putty adalah dempul plastik, yaitu jenis yang bisa mengering dengan sangat cepat. Cara penggunaannya sendiri dengan mencampurkan bahan plastik dn pasta hingga mengeras, namun harus sesuai kebutuhan takaran.

·       Dempul Lacquer Putty

Tekhnik pembentukan body repair juga kerap menggunakan dempul jenis Lacquer Putty atau buatan, merupakan campuran lapisan dasar dan bedak talk. Penggunaan dempulnya sendiri bisa diaplikasikan tipis-tipis pada bagian mobil yang tergores.

3.     Batang Penarik dan Palu Sliding 

Jika kerusakan pada badan mobil tidak beraturan dan membentuk sudut baru, maka metode ini akan lebih dianjurkan untuk mereparasi kendaraanmu. Untuk menggunakan batang penarik dan palu sliding sendiri terdapat dua cara.

Pertama, dengan melubangi plat yang rusak, selanjutnya ditarik hingga penyok kembali seperti semula. Langkah terakhir adalah dengan menutup kembali lubang yang sebelumnya dibuat.

Kedua, bisa dengan memasang pengait pada panel yang mengalami kerusakan, misalnya pada komponen ring. Pemasangan pengait sendiri perlu menggunakan las, lalu selanjutnya tinggal menghaluskannya kembali jika sudah selesai.

4.     Palu-On-dolly 

Tekhnik pembentukan body repair ini dilakukan dengan memukul palu pada bagian badan mobil yang rusak. Sementara itu, pada bagian bawahnya alan dilandasi dengan dolly selama proses perbaikan badan kendaraan roda empat.

Jika permukaan badan kendaraan yang rusak tergolong lebar, maka mekanik akan menggunakan dolly hampir rata. Sementara itu, jika kerusakan pada bagian melengkung tajam, maka dolly juga akan semakin cekung.

5.     Palu-Off-dolly

Perbaikan dengan pali-off-dolly yaitu dengan memukul palunya pada area sekitar badan kendaraan roda empat yang mengalami kerusakan. Tekhnik pembentukan body repair dengan palu-off-dolly dilakukan dengan tidak memukul tepat pada dollynya.

Ketika menggunakan teknik palu-off-dolly ini, mekanik akan meletakkan dolly di pusat plat yang penyok. Kemudian, mekanik akan memukul-mukul area di sekeliling dari dolly yang sebelumnya sudah ditempatkan.

6.     Batang Pengungkit (Pry Bar)

Tekhnik pembentukan body repair selanjutnya adalah batang pengungkit atau pry bar, yaitu metode dengan memanfaatkan sifat logam. Seperti telah diketahui bahwa sifat logam bisa memuai ketika dipanaskan dan mengkerut saat didinginkan.

Cara menggunakan metode ini adalah dengan memanaskan badan mobil yang melengkung atau penyok hingga material logamnya menjadi merah. Selanjutnya mekanik akan mendinginkan logamnya yang panas dengan air atau udara secara tiba-tiba.

7.     Pengikiran 

Penggunaan Tekhnik pembentukan body repair ini dilakukan untuk meratakan badan mobil yang sedikit bersudut. Terkadang mekanik akan menggunakan alat gerinda atau amplas untuk mempercepat proses pengiriannya.

Meskipun bisa menggunakan gerinda atau amplas, namun penggunaan kikir pada finishing akan menghasilkan body yang halus. Penggunaan metode pengikiran sendiri sangat sering dilakukan untuk meratakan plat seperti contoh berikut.

  • Pada plat kendaraan roda empat yang mengalami kerusakan lalu meninggalkan sudut, bisa diatasi dengan kikir.
  • Bekas pengelasan membutuhkan kikir untuk membuatnya rata kembali.

8.     Alat Hidrolik

Metode sati ini menggunakan penekanan atau penarikan secara kuat pada badan kendaraan roda empat. Untuk mendapatkan penarikan yang kuat, perbaikan perlu memanfaatkan akat bantu berupa tekanan hidrolik.

9.     Hot-Shrinking 

Tekhnik pembentukan body repair satu ini merupakan perbaikan dengan memanfaatkan sifat logam yang memuai ketika dipanaskan dan mengerut saat didinginkan. Prosesnya adalah dengan memanaskan plat hingga merah dan didinginkan secara tiba-tiba.

Saat ini sendiri ada banyak komponen body kendaraan roda empat menggunakan part plastik dan bukan logam. Meski demikian, hot-shrinking masih tetap dapat digunakan selama proses pemanasan.

10.  Pemotongan dan Penggantian Bodi 

Jika plat body mobil mengalami kerusakan parah, maka biaya perbaikannya akan sangat besar. Oleh sebab itulah, akan lebih baik jika memotong bagian badan yang mengalami kerusakan dan bisa menggantinya dengan baru.

Kamu bisa menentukan keputusan menggunakan metode terbaik dengan beberapa pertimbangan. Pertama adalah mempertimbangkan biaya yang dibutuhkan untuk perbaikan, kemauan pribadi, kondisi mobil, juga nilainya.

11.  Painting dan Finishing

Pada tekhnik pembentukan body repair ini, proses painting atau pengecatan biasanya melalui beberapa tahapan. Mekanik akan melakukan pengamplasan cat dasar, lalu amplas halus, pengecatan warna dan vanish, terakhir adalah pemolesan.

Proses ini sendiri biasanya dilakukan karena kerusakan badan mobil akibat tabrakan atau pemakaian sehari-hari. Selain painting dan finishing, mekanik juga akan melakukan perbaikan serta penggantian panel jika diperlukan.

12.  On-off Hamering

On off hammering merupakan tekhnik pembentukan body repair yang cukup sering digunakan untuk mengembalikan kembali badan mobil rusak maupun bengkok. Tekniknya sendiri perlu menggunakan alat khusus untuk memukul bagian penyok pada mobilnya.

Untuk melakukan metode ini, mekanik harus memukul area yang bengkok tersebut secara bertahap sehingga tidak akan merusak bagian lainnya. Jika prosesnya sudah selesai, maka tinggal menghaluskan badan moil dengan pisau khusus agar kembali seperti semula.

13.  Washer Welder

Tekhnik pembentukan body repair satu ini sering digunakan untuk memperbaiki kerusakan panel pada badan kendaraan roda empat. Caranya adalah dengan menempelkan cincin atau ring pada bagian mobil yang mengalami kerusakan.

Proses awal pada washer welder adalah dengan mengelas badan mobil, lalu mekanik akan menempelkan semacam cincin yang bisa ditarik keluar. Dengan cara ini, maka area badan mobil penyok ataupun rusak bisa diperbaiki dengan mudah.

Bisa dikatakan, washer welder merupakan metode sangat efektif dalam mereparasi kerusakan kendaraan roda empat. Hal ini karena keunggulannya yaitu bisa memperbaiki kerusakan bagian-bagian sulit terjangkau di dalam panel.

14.  Mag Welding

Tekhnik pembentukan body repair digunakan untuk mereparasi mobil menggunakan alat khusus seperti kawat las, roll, bahan kimia gas, serta logam. Penggunaannya sendiri digunakan untuk memperbaiki bagian lebih besar dan kompleks.

Cara kerjanya adalah dengan menggulung kawat las pada suatu roll lalu kemudian ditempelkan pada bagian badan mobil. Penggunaan gas digunakan untuk mencairkan logam untuk menggantikan partikel bodi yang hancur sehingga bisa tersambung kembali.

15.  Paintless dent Removal

Teknik ini juga sering disingkat menjadi PDR, merupakan metode untuk mengatasi badan kendaraan roda empat yang penyok. PDR juga sangat efektif dan efisien karena prosesnya relatif singkat, selain itu tidak membutuhkan perbaikan bodi secara konvensional.

Perbaikan badan kendaraan menggunakan teknik PDR bisa dilakukan dengan membentuk ulang objek yang mengalami kerusakan. Biasanya ada 2 cara yang digunakan yaitu dent puller dan dent tools.

Kedua teknik PDT ini sendiri dapat digunakan tergantung dengan tingkat kerusakan dan posisinya. Menariknya, ada beberapa bengkel yang bersedia dipanggil ke rumah untuk reparasi menggunakan teknik satu ini.

Rekomendasi Bengkel Body Repair Terbaik

Setelah mengetahui berbagai tekhnik pembentukan body repair, maka penting juga memilih bengkel yang terpercaya. Jika bengkel sudah terpercaya dan berpengalaman, maka bisa memperbaiki kerusakan badan mobil menggunakan metode paling tepat.

OKE BODY REPAIR merupakan rekomendasi terbaik untuk mengatasi semua permasalahan badan kendaraan roda empat. Kami bisa melayani kerusakan badan mobil kamu yang berada di wilayah Depok, Jaksel, dan Tanggerang Selatan.

Tidak hanya kerusakan saja, kami juga melayani perawatan badan mobil, interior, serta restotasi. Tenaga ahli kami sudah berpengalaman selama 10 tahun sehingga bisa menangani berbagai jenis dan tipe kendaraan roda empat.

Kami memiliki perlengkapan yang memadai sehingga memungkinkan menggunakan berbagai tekhnik pembentukan body repair sesuai kebutuhan. Sementara itu, finishing dari bengkel kami menggunakan metode salon atau detailing sehingga warna mobilnya semakin baik.

Kami menawarkan harga yang ekonomi dan masih masuk akal, sehingga tidak perlu kagi khawatir dengan bugdet. Kami juga akan menawarkan garansi yang mudah diklaim sesuai syarat dan ketentuan berlaku.

Kami tidak hanya bisa mengatasi kerusakan berupa goresan saja, namun juga ringsek parah. OKE BODY REPAIR akan tetap berusaha memperbaiki mobil yang ringsek dengan maksimal meskipun hasilnya tidak 100% seperti semula.

Menjadi rekomendasi bengkel terbaik, kami memberikan pelayanan yang memuaskan pada pelanggan. Hal tersebut dapat dilihat melalui review positif dan kepuasan setelah melakukan reparasi di OKE BODY REPAIR.

Jika penasaran dengan layanan dan review positif OKE BODY REPAIR, maka bisa langsung membuka website https://okebodyrepair.com/. Hubungi juga nomor 0812-5972-7788 untuk mendapatkan informasi lebih lengkapnya.

Bengkel yang terpercaya akan mengetahui metode apa paling cocok untuk mengatasi setiap permasalahan pada badan kendaraan roda empat. Apalagi terdapat banyak Tekhnik pembentukan body repair untuk jenis kerusakan tertentu.