Ketok Magic dan Body Repair, Apa Bedanya?

Ketok Magic dan Body Repair, Apa Bedanya?

Ketok Magic dan Body Repair, Apa Bedanya?Ketok magic dan body repair menjadi layanan jasa perbaikan badan mobil yang rusak sehingga bisa kembali seperti semula. Meskipun menawarkan jasa yang sama, namun keduanya cukup berbeda.

Anak-anak milenial mungkin tidak asing lagi dengan istilah body repair, namun cukup asing dengan ketok magic yang populer tahun 1990 sampai 2000-an. Tidak heran banyak orang langsung mengira ada unsur-unsur gaib, padahal tidak sama sekali.

Perbedaan ketok magic dan body repair terletak pada peralatan yang digunakan dalam mereparasi kendaraan roda empat. Bengkel umum atau resmi biasanya menggunakan peralatan canggih sehingga hasilnya lebih maksimal.

Meski begitu, layanan jasa populer tahun 1990 sampai 2000-an ini banyak menjadi alternatif, terutama jika tidak memiliki budget cukup. Hal ini karena harga yang ditawarkan jauh lebih terjangkau dibandingkan bengkel umum maupun resmi.

Baca juga : Jenis-jenis Body Repair Bengkel Terpercaya dan Berkualitas

Apa itu Ketok Magic dan Body Repair?

Mungkin masih ada yang belum mengetahui tentang ketok magic dan body repair, juga bagaimana cara pengerjaannya. Kalau kamu sudah tahu mengenai perbedaannya, maka bisa memilih tempat reparasi badan mobil paling sesuai kebutuhan.

Ketok magic merupakan cara yang dapat digunakan untuk memperbaiki penyok pada mobil akibat kecelakaan atau benturan. Meskipun banyak orang mengira bahwa pengerjaannya menggunakan hal gaib, namun sebenarnya menggunakan tenaga manusia biasa.

Meskipun menggunakan tenaga manusia dan peralatan sederhana, namun pengerjaannya cepat dan harganya sangat terjangkau. Inilah yang membuatnya menjadi alternatif banyak orang jika ingin memperbaiki mobil penyok.

Seperti dijelaskan sebelumnya, ketok magic dan body repair menggunakan peralatan berbeda dalam reparasi mobil. Bengkel alternatif ini menggunakan 2 lempengan besi yang dibentuk secara khusus, biasanya disebut teter dan lamak.

Teter digunakan untuk menahan palu di bagian depan, sementara itu lamak digunakan untuk menahan ketukan palu pada bagian dalam. Semua proses yang dilakukan masih manual, mulai dari memperbaiki penyok dan goresan hingga pengecatan.

Sementara itu, body repair merupakan jasa perbaikan yang bisa memulihkan kerusakan pada badan kendaraan roda empat apapun keadaannya. Kerusakan yang ditangani bengkel reparasi bisa karena penggunaan sehari-hari maupun akibat kecelakaan.

Body repair dan ketok magic memiliki kualitas berbeda, sebab bengkel reparasi menggunakan metode tertentu sesuai kerusakan mobil. Selain itu, alat-alat yang digunakan sudah canggih serta dikerjakan oleh tenaga ahli secara profesional.

Meskipun harganya lebih mahal daripada bengkel alternatif, namun hasil pengerjaan di tempat reparasi umum maupun resmi jauh lebih maksimal. Apalagi bahan-bahan yang digunakan berkualitas sehingga lebih awet.

Berikut Ini Fakta Menarik Ketok Magic

Sebelum mengetahui lebih dalam tentang ketok magic dan body repair, kamu juga perlu tahu bahwa ada ada fakta-fakta menarik mengenai bengkel mobil alternatif ini. Berikut adalah beberapa fakta dari ketok magic yang pelu kamu tahu.

Pertama, tidak ada unsur gaib atau sulap dalam pengerjaan reparasi kendaraan roda empat, hanya tangan manusa yang dibantu lempengan besi ke bagian mobil penyok. Banyak pemilik merasa terpaku karena mobilnya kembali semula sehingga dianggap seperti sulap atau magic.

Kedua, seperti dijelaskan sebelumnya jika ketok magic menggunakan alat sederhana yaitu teter dan lamak. Uniknya, kedua lempengan besi ini digunakan untuk memperbaiki semua jenis dan tipe mobil tanpa pilih-pilih.

Ketiga, ketok magic dan body repair memiliki perbedaan mengenai tempat proses perbaikan mobilnya. Bengkel ketok magic memperbaiki mobilnya di ruang tertutup, sedangkan pemilik menunggu di luar dan tidak diperbolehkan untuk melihat prosesnya.

Sebenarnya hal ini dilakukan karena prosesnya menimbulkan suara bising sehingga bisa menganggu pemilik kendaraan. Proses pengerjaan yang tertutup ini malah membuat banyak orang mengira pengerjaannya dibantu hal gaib, padahal tidak benar.

Keempat, pemilik bengkel ketok magic tetap mengikuti perkembangan zaman dan tidak terpaku dengan alat sederhana yang digunakan. Saat ini suda ada banyak bengkel ketok magic yang membeli peralatan canggih sehingga hasil reparasi menjadi lebih memuaskan.

Kelima, ketok magic dan body repair juga memiliki perbedaan mengenai tempat untuk mereparasi mobilnya. Bengkel alternatif memiliki tempat sempit sehingga dinilai kurang higienis, apalagi debu dan kotoran bisa mempengaruhi warna cat.

Kelebihan dari Ketok Magic Mobil

Sebelum memilih antara body repair dan ketok magic untuk memperbaiki kendaraan, ada baiknya mengetahui kelebihan masing-masing terlebih dahulu. Dengan begitu, kamu bisa mempertimbangkan tempat terbaik untuk mereparasi mobil kesayangan.

Kelebihan ketok magic pertama adalah prosesnya yang cepat, kamu tidak membutuhkan waktu lama atau mengantri lebih dulu. Tahapannya juga bisa dibilang singkat, mulai dari analisis hingga penentuan lokasi perbaikannya.

Sama seperti bengkel lainnya, setelah melakukan analisis barulah mobil direparasi menggunakan alat-alat khusus. Jika bentuk mobilnya sudah kembali seperti semula, baru proses selanjutnya yaitu pengecatan, pendempulan, serta finishing.

Ketok magic dan body repair memiliki kelebihan masing-masing, salah satu kelebihan bengkel alternatif ini adalah harganya lebih terjangkau. Bisa dibilang, ketok magic jadi pilihan jika tidak punya budget memadai.

Kelebihan lainnya adalah bisa menyesuaikan permintaan pelanggan dalam proses perbaikan kendaraan. Misalnya, kamu bisa meminta perbaikan dengan catatan tidak mengganti bagian-bagian tertentu.

Meskipun memiliki beberapa kelebihan tersebut, namun kamu juga perlu memahami bahwa bengkel ketok magic memiliki tempat pengerjaan tidak luas. Pengerjaan dempul, cat, juga pengetokan badan mobil dilakukan di satu tempat sehingga pengerjaannya tidak maksimal.

Perbedaan tempat pengerjaan ketok magic dan body repair perlu menjadi pertimbangan. Sebab luas bengkel yang terbatas memungkinkan tempatnya tidak steril, hal ini akan berpengaruh dengan hasil akhir mobil milikmu.

Bahan yang digunakan seperti cat mobil juga bisa jadi tidak sesuai standar pabrikan dari kendaraan milikmu. Hal ini tentu akan membuat warna mobilnya tidak sempurna serta berbeda dari ekspektasi.

Estimasi Biaya untuk Ketok Magic

Seperti sudah dijelaskan sebelumnya, perbedaan ketok magic dan body repair adalah pada harganya. Berikut adalah estimasi biaya yang perlu kamu keluarkan untuk memperbaiki kendaraan roda empat di bengkel alternatif ini.

Pertama, perbaikan untuk mengembalikan mobil penyok berkisar start dari Rp400 ribu untuk setiap titik/ panelnya. Harga tersebut masih perkiraan, sebab besar biayanya akan tergantung dengan besar kerusakan.

Kedua, ketok magic juga menerika kerusakan ringan seperti pintu penyok dengan kisaran start dari Rp300 ribu. Harga tersebut bisa disesuaikan kesepakatan dengan konsumen alias nego.

Ketok magic dan body repair bisa menerima perbaikan mobil lecet, namun harga yang ditawarkan berbeda. Tidak ada patokan harga untuk mobil lecet, sebab harganya disesuaikan kesepakatan dengan konsumen.

Jika perbaikan cukup parah dan harus sekaligus pengecatan, maka biasanya akan lebih mahal. Kamu perlu mempersiapkan biaya sebesar Rp400 ribu hingga Rp600 setiap panel tergantung jenis cat yang digunakan.

Sementara itu, estimasi waktu pengerjaan juga disesuaikan dengan kerusakan kendaraan yang akan direparasi. Jika kerusakannya masih relatif ringan seperti lecet, biasanya hanya membutuhkan waktu pengerjaan sekitar sehari untuk lecetnya saja.

Kerusakan sedang sedang seperti penyok membutuhkan waktu pengerjaan sekitar 1-2 hari untuk penyoknya saja. Sedangkan kerusakan parah hingga ringsek membutuhkan waktu lebih lama yaitu kisaran minggu.

Kelebihan dari Body Repair Mobil

Mempertimbangkan untuk memilih ketok magic dan body repair perlu mengetahui kelebihan dari keduanya. Jika sebelumnya sudah membahas kelebihan ketok magic, berikut adalah beberapa kelebihan dari body repair.

Pertama, peralatan yang digunakan sudah lengkap dan canggih, selain itu juga sudah sesuai standar dalam melakukan perbaikan badan kendaraan. Peralatan canggih juga memungkinkan segala jenis perbaikan yang mungkin tidak bisa dilakukan ketok magic.

Dengan peralatan yang lengkap untuk pengecatan, oven, juga peralatan canggih lainnya, maka setiap masalah mobil akan dapat dikerjakan dengan cepat. Bukan hanya itu saja, kelengkapan alat juga akan membuat hasil pekerjaan juga lebih maksimal.

Ketok magic dan body repair memiliki perbedaan dari teknisi, sebab bengkel umum dan resmi biasanya memiliki tenaga ahli berpengalaman. Teknisi juga sudah memiliki sertifikat, bahkan mekanik akan mendapatkan pelatihan standar keahlian.

Oleh sebab itulah, setiap proses dalam reparasi mobil akan dilakukan sesuai dengan SOP dan lebih profesional. Tidak hanya itu saja, kendaraan akan diperbaiki secara maksimal dan harus lolos quality control sebelum kembali pada pemiliknya.

Suku cadang yang digunakan merupakan produk asli dan berkualitas, jadi tidak perlu lagi merasa khawatir jika komponen harus diganti. Produk-produk berkualitas akan membuat kendaraan nantinya menjadi lebih awet saat digunakan.

Seperti dijelaskan sebelumnya, ketok magic berada di tempat yang sempit sehingga memungkinkan warna cat terkontaminasi debu dan kotoran. Hal ini akan membuat warnanya menjadi tidak sempurna serta berbeda dengan aslinya.

Berbeda dengan bengkel body repair yang menggunakan produk cat berkualitas sehingga pengecatannya sesuai warna asli. Penting diingat, jika salah warna dalam pengecatan akan membuat mobil belang-belang dan tidak enak dipandang.

Kelebihan terakhir adalah adanya garansi yang lebih lama, sehingga akan membuat pemilik mobil merasa tenang jika terjadi hal tidak diinginkan. Garansi biasanya diberikan untuk pelanggan dengan syarat dan ketentuan sesuai kebijakan masing-masing bengkel.

Rekomendasi Bengkel Ketok Magic dan Body Repair Terbaik

Jika kamu masih bingung memilih antara ketok magic dan body repair, lebih baik segera bawa kendaraan ke OKE BODY REPAIR. Dengan begitu semua kerusakan di badan mobil bisa segera diperbaiki dan kembali seperti semula.

OKE BODY REPAIR memang menjadi rekomendasi bengkel reparasi kendaraan roda empat terbaik di wilayah Depok, Jaksel, dan Tangerang Selatan. Kami merupakan solusi untuk kamu yang ingin memperbaiki badan mobil, pengecatan, perawatan interior, juga restorasi.

OKE BODY REPAIR menggunakan bahan-bahan berkualitas dalam proses reparasi sehingga cat mobil lebih cerah, berkilau, juga tidak mudah pudar. Selain itu, proses finishing menggunakan teknik salon atau detailing sehingga hasil pengecatan memuaskan.

Bengkel reparasi kami memiliki tenaga ahli yang sudah berpengalaman lebih dari 10 tahun dan menangani berbagai macam tipe mobil. Hal ini akan membuat hasil reparasi kendaraan roda empat menjadi lebih maksimal.

Seperti halnya ketok magic dan body repair, OKE BODY REPAIR menawarkan harga yang ekonomis sehingga tidak perlu khawatir dengan budget. Meskipun cukup terjangkau, namun kami tetap memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan.

Tidak hanya memperbaiki badan mobil dengan baik, kami juga memberikan layanan garansi kepada pelanggan sesuai syarat dan ketentuan yang berlaku. Kamu bisa melihat layanan kami di website https://okebodyrepair.com/ atau hubungi nomor 0812-5972-7788.

Ada banyak pilihan layanan jasa yang melayani perbaikan badan kendaraan roda empat dengan kelebihan serta kekurangannya. Oleh sebab itu, mengetahui perbedaan ketok magic dan body repair akan mempermudah memilih layanan jasa paling tepat untuk reparasi mobil.