Perhatikan! Ini Perbedaan Cat Mobil Oven dan Biasa yang Wajib Diketahui

Perhatikan! Ini Perbedaan Cat Mobil Oven dan Biasa yang Wajib Diketahui

Perbedaan Cat Mobil Oven dan BiasaMobil yang sudah dipakai dengan jangka waktu lama alias sudah tua kebanyakan tidak melakukan cat ulang atau repair ulang. Sehingga hal tersebut menyebabkan mobil terlihat kusam dan memiliki warna yang tidak cerah. Sebenarnya body repair ini harus dilakukan secara berkala agar tampilan mobil tetap maksimal. Mengenai cat, kita juga harus belajar tentang perbedaan cat mobil oven dan biasa agar bisa menjadikan mobil tampil menawan.

Pengertian Cat Mobil 

Cat mobil adalah lapisan terluar mobil yang berfungsi untuk melindungi body mobil dari karat dan cuaca buruk. Selain itu, cat mobil juga berguna untuk mempercantik desain eksterior mobil. Seiring berkemabangnya teknologi, saat ini pengecatan mobil dilakukan dengan menggunakan mesin. 

Sedangkan warna cat mobil yang paling di sukai yaitu warna abu-abu, silver, hitam, dan putih. Salah satu tips agar cat mobil tetap bagus yaitu dengan mencucinya seminggu sekali menggunakan sumber air bersih. 

Baca juga: Salon Mobil Terdekat di Jakarta

Jenis-jenis Cat Mobil 

Merepair body mobil tentu Anda harus mengetahui semua jenis-jenisnya. Hal ini bertujuan agar mobil tetap terjaga estetikanya. Berikut ada beberapa jenis-jenis cat mobil yang perlu Anda ketahui;

  • Primer

Primer merupakan cat mobil bagian dasar yang memiliki sifat anti korosi. Selain itu, cat primer juga berfungsi untuk meningkatkan kelekatan serta mencegah body mobil dari karatan. 

  • Surfacer

Surfacer merupakan proses mengecat mobil pada lekukan tertentu dengan cara disemprot. Selain itu, surfacer juga berfungsi sebagai top coat. Dimana dengan melakukan surfacer inilah cat mobil akan melekat sempurna dari awal hingga akhir. 

  • Top Coat 

Top coat memiliki warna yang bening serta memberikan efek glossy pada mobil. Selain itu, top coat juga berfungsi untuk menjaga body mobil dari sinar UV. 

Perbedaan Cat Mobil Oven dan Biasa

Biasanya pengecatan mobil dilakukan dengan 2 metode yaitu cat mobil oven serta cat biasa. Kedua metode tersebut mengandalkan matahari dan mesin sebagai pengering. Adapun perbedaan cat mobil oven dan biasa yaitu:

  • Harga, cat oven mempunyai harga 2x lebih mahal dibandingkan cat biasa. 
  • Bahan, cat oven mempunyai bahan yang lebih bagus dibandingkan cat biasa. Sehingga cat oven akan menampilkan warna yang cerah dan tajam. 
  • Hasil, perbedaan cat mobil oven dan biasa ialah cat oven cenderung lebih halus tanpa adanya serangga karena dipanaskan dengan bantuan mesin. Sedangkan cat biasa dibantu dengan alat pengering matahari sehingga mudah terkena debu dan serangga kecil. 

Manfaat Cat Mobil Oven dan Biasa

Pengecatan mobil tentu tidak terlepas dari manfaat serta keunggulannya. Cat mobil oven dan biasa tentu mempunyai manfaat yang berbeda-beda. 

Manfaat Cat Mobil Oven

Cat oven mobil memang terkenal dengan kualitas dan hasil yang maksimal. Berikut manfaat dari cat oven mobil:

  • Meminimalisir debu dan serangga agar tidak menempel pada permukaan cat. 
  • Penyemprotan cat ke body mobil lebih merata. 
  • Pengeringan lebih cepat yaitu 30 menit dengan suhu 60-80 derajat. 
  • Hasil lebih bagus dan maksimal. 

Manfaat Cat Mobil Biasa

Meski tergolong lebih rendah dari cat oven, cat biasa juga mempunyai manfaat yang tersimpan. Adapun manfaat dari cat biasa yaitu:

  • Harga relatif murah namun warna tetap elegan. 
  • Pengeringan lebih mudah karena dilakukan di ruangan terbuka dengan paparan sinar matahari. 
  • Hasil akan bagus namun harus teliti dan detail. 

Itulah perbedaan cat mobil oven dan biasa yang bisa Anda ketahui. Hal tersebut sangat penting bagi pengguna mobil yang akan melakukan body repair atau pengecatan ulang pada mobil. 

Segera hubungi Oke Body Repair di 0812-5972-7788 agar bisa mendapatkan slot untuk pekerjaan cat mobil kesayangan Anda.