Body Custom Mobil Pahami Bahan, Fungsi dan Metode Pemasangan

Body Custom Mobil Pahami Bahan, Fungsi dan Metode Pemasangan

Body Custom Mobil Pahami Bahan, Fungsi dan Metode Pemasangan – Menggunakan jasa bengkel body custom tentu ada banyak hal yang harus kamu ketahui terlebih dahulu. Seperti memahami istilah tentang orisinal, replika dan custom agar tidak salah membedakan antara ketiga jenis body repair tersebut.

Pahami juga tentang berbagai bahan yang digunakan mengingat setiap bahan memiliki kualitas berbeda termasuk dari segi harga. Jangan sampai kamu mengeluarkan banyak dana namun mendapatkan bahan yang tidak sesuai kualitasnya.

Pelajari metode pemasangan yang dapat dijadikan pedoman untuk menentukan keputusan dalam pemasangan body kit. Metode pemasangan ini juga mempengaruhi lama pengerjaan, kualitas, bahan hingga biaya yang harus dikeluarkan.

Selain itu kamu juga harus memahami betul apa fungsi dari pemasangan body kit tersebut agar bisa merasakan manfaatnya. Jangan sampai pemasangan tersebut justru merugikan karena menganggu kerja komponen lain maupun menyebabkan ketidaknyamanan.

Agar kamu lebih mudah mempelajari semua hal tersebut maka sudah dirangkum dalam artikel berikut ini. Dengan mempelajari artikel ini kamu akan lebih mudah menentukan keputusan dalam melakukan perbaikan body custom di bengkel terpercaya sehingga hasilnya akan lebih memuaskan dan sesuai dengan keinginan.

Baca juga : Cara Mengeringkan Cat Mobil Dengan Cepat 

Pahami Arti Orisinal, Replika dan Body Custom Pada Mobil

Membahas tentang body custom ternyata banyak yang belum memahami betul istilah tentang orisinal, replika dan juga custom. Meskipun antara ketiga ini sebenarnya memiliki tujuan yang sama namun sebenarnya sangat berbeda.

Sebelum kamu membawa mobil ke bengkel maka sebaiknya pahami dulu apa saja perbedaan ketiga istilah tersebut. Agar nantinya lebih mudah dalam menentukan keputusan untuk memilih menggunakan yang mana demi hasil sesuai harapan.

Orisinal atau lebih mudah dipahami sebagai bentuk asli dari pabrik mobil itu sendiri sehingga dari segi harga biasanya akan jauh lebih mahal. Sementara replika merupakan merk luar namun sudah sangat terkenal dan biasa digunakan.

Saat ini replika sudah sangat banyak diminati karena memang dari segi harga juga jauh lebih murah dibandingkan yang asli. Dari segi kualitas juga saat ini ada banyak yang replika tapi kualitasnya sudah sangat bagus untuk digunakan.

Lantas apa itu body custom, dilihat dari arti kata custom merupakan sesuatu yang proses pembuatannya disesuaikan dengan minat si pembuat atau sesuai pesanan.

Dapat diartikan juga untuk menyesuaikan keinginan, karakter atau fungsi tertentu pada mobil dengan tampilan berbeda. Namun perubahan tersebut bisa dilakukan sesuai dengan kebutuhan saja jadi semua tergantung dari permintaan pembeli.

Biaya untuk pengerjaan custom juga lebih mahal karena proses pengerjaan dilakukan secara manual dari awal sampai akhir. Bahkan cenderung menyeluruh untuk mendapatkan hasil maksimal, mulus, detail dan tidak menganggu fungsi komponen lain.

Mengingat banyak hal yang harus diperhatikan dalam proses pembuatan body custom maka harus bijak dalam memilih bengkel. Pastikan kamu memilih bengkel terbaik dan terpercaya agar bisa mendapatkan hasil maksimal dan memberikan jaminan kualitas.

Sekilas Tentang Apa Itu Custom Body Kit Mobil?

Setelah memahami tentang perbedaan antara body custom, orisinal dengan replika maka pahami juga tentang apa itu body kit.

Body kit merupakan sebuah komponen tambahan atau aksesoris yang bisa dipasang pada bodi mobil maupun kendaraan lain. Tujuan dari pemasangan komponen ini adalah untuk meningkatkan atau membuat tampilan menjadi baru tanpa melakukan perubahan pada fungsi komponen lain.

Kamu bisa mengubah tampilan pada mobil dengan pemasangan body kit ini agar menjadi lebih elegan, stylish maupun sporty. Sesuaikan pilihan sesuai keinginan untuk mendapatkan hasil akhir sesuai harapan dan membuat kendaraan kamu menjadi lebih berbeda.

Secara umum modifikasi ini bisa dilakukan pada beberapa komponen seperti rear bumper, side skirt, diffuser, front bumper, lips dan lainnya.

Desain body custom kit ini sengaja dirancang untuk meningkatkan efek aerodinamis serta memberikan fungsi tambahan. Sehingga lebih bermanfaat untuk kendaraan juga membantu menunjang penampilan dengan kesan yang diinginkan.

Pemasangan aksesoris ini bisa dilakukan dalam waktu 3 hari saja namun untuk custom tergantung permintaan. Bisa lebih cepat atau lebih lama jadi konsultasikan permintaan kamu dengan bengkel terlebih dahulu.

Pastikan memilih bengkel terpercaya yang sudah berpengalaman pengerjakan pembuatan dan pemasangan komponen tambahan ini. Agar bisa memberikan hasil terbaik dari segi kualitas serta tampilan juga tidak terlalu berlebihan.

Jenis-Jenis Material Body Kit yang Paling Sering Digunakan

Memesan body custom kit untuk kendaraan kesayangan kamu tentu harus paham itu apa saja jenis material yang digunakan. Mengingat material ini akan berpengaruh pada kualitas maupun keseluruhan dalam proses pembuatan.

Setidaknya ada 3 jenis material yang sering digunakan dan berikut ini review singkatnya untuk kamu pahami.

1.      Karbon

Perlu diketahui material satu ini sebenarnya sangat jarang digunakan karena dari segi harga jauh lebih tinggi. Namun sudah menjadi rahasia umum kalau harga tinggi jelas sebanding dengan kualitas dan keunggulan material tersebut.

Karbon sangat unggul dalam segi kekuatan dan ketika mengalami benturan ringan hingga sedang maka dijamin tidak mudah penyok. Terkesan kokoh dan kuat namun karbon justru memiliki berat yang cukup tingan sehingga tidak mempengaruhi berat kendaraan.

2.      Fiberglass

Fiber menjadi salah satu material paling populer dan banyak digunakan karena mudah untuk dibentuk. Selain itu dari segi harga juga jauh lebih terjangkau dengan kisaran harga dari rendah sampai menengah.

Namun kekurangan material ini yaitu dari segi kelenturan juga kekuatan sehingga ketika terkena benturan mudah pecah dan rusak. Tips sesuaikan penggunaan bahan fiber untuk area yang aman agar tidak mudah terkena benturan.

3.      Polyurethane

Jenis lainnya yaitu polyurethane yang terbuat dari material plastik dan sangat mudah kamu temukan di toko-toko khusus aksesoris kendaraan. Bahan satu ini paling sering dipakai sebagai body kit serta digunakan untuk berbagai komponen tambahan.

Material yang terbuat dari plastik biasa tentu saja harganya jauh lebih terjangkau namun risikonya juga mudah pecah. Jadi pertimbangkan jika kamu memesan body custom dengan menggunakan material satu ini.

Metode Pemasangan yang Sering Digunakan untuk Memasang Body Kit

Pemasangan body kit tidak boleh dilakukan secara sembarangan mengingat harus memperhatikan kekuatan serta keamanan. Jangan sampai pemasangan menganggu komponen lain dan tidak memberikan kenyamanan ketika kendaraan digunakan.

Setidaknya ada dua metode khusus yang digunakan untuk memasang body kit pada kendaraan. Ketahui apa saja metode tersebut agar menambah pengetahuan kamu tentang body custom repair berikut ini.

1.      Add-on

Metode ini dipasang dengan tidak mengubah bumper asli maupun membuat lubang pada bumper bawaannya. Hal ini sangat menarik karena tidak akan melakukan perusakan pada orisinalitas mobilnya.

Pengeboran hanya dilakukan pada bagian tertentu dengan tujuan menancapkan baut untuk proses pemasangannya. Sementara itu pada bentangan body kit add-on biasanya akan ditambahkan double tape maupun sealant sehingga lebih kuat.

Menariknya proses pemasangan hanya membutuhkan waktu selama 3 jam saja jadi tidak perlu menunggu lama. Bahkan kamu bisa melakukan pemasangan sendiri karena metode add-on ini cukup praktis dan mudah dipasang sendiri.

2.      Full Bumper

Untuk pemasangan aksesoris full bumper harus melakukan pencopotan bumper bawaan terlebih dahulu. Baru kemudian mengganti dengan model baru yang sudah dipesan secara custom di bengkel body custom.

Memesan secara khusus full bumper sangat menarik karena bisa membuat desain sesuai keinginan baik dari segi model hingga bahan. Namun proses custom ini membutuhkan waktu lebih lama dibandingkan membeli yang sudah ada di pasaran.

Tidak perlu khawatir jika memesan di bengkel terpercaya yang sudah berpengalaman pasti jauh lebih cepat prosesnya. Setidaknya kamu hanya membutuhkan waktu sekitar 7 sampai 14 hari saja sampai bisa terpasang sempurna.

Fungsi Pemasangan Komponen Tambahan Body Kit Pada Mobil

Ternyata membuat tambahan komponen pada kendaraan dengan memesan khusus pada bengkel body custom. Memiliki beberapa fungsi penting yang ternyata tidak hanya untuk mempercantik tampilan saja.

Agar lebih memahami apa saja detail fungsinya maka bisa simak beberapa di antaranya berikut ini ulasannya.

1.      Membuat tampilan lebih cantik

Fungsi utama yaitu jelas untuk menunjang penampilan body mobil menjadi lebih cantik dan berbeda. Memang tujuan utama dari pemasangan adalah untuk membuat desain baru maupun menunjang desain yang sudah ada sebelumnya.

Jika memang tujuan awal kamu melakukan pemasangan untuk mempercantik tampilan maka disarankan menggunakan bahan fiberglass. Bisa juga menggunakan bahan polyurethane karena sangat mudah dibentuk serta dari segi harga lebih terjangkau.

2.      Kinerja mobil meningkat

Tidak hanya menunjang tampilan eksterior saja namun juga meningkatkan kinerja kendaraan. Pemasangan body custom kit yang disesuaikan mampu menahan angin sehingga ketika melaju kendaraan tidak menjadi goyang.

Padahal sedang melaju dengan kecepatan tinggi jadi tidak heran jika sering digunakan oleh para pembalap. Contohnya saja pemasangan pada bagian side skirt serta lips tujuannya adalah membuat laju angin menjadi lebih kecil.

Jika kamu perhatikan ada beberapa kendaraan dimodifikasi dengan memasang lubang pada bumper bagian depan. Ternyata bukan sekedar untuk mempercantik tampilan saja namun juga membantu mendinginkan intercooler.

3.      Keselamatan berkendara jauh lebih aman

Tanpa disadari pemasangan body custom kit sangat penting meningkatkan keselamatan pada saat berkendara. Menambahkan komponen tambahan pada bumper memberikan keindahan serta kekuatan sehingga tahan ketika ada benturan.

Rekomendasi Bengkel Terbaik Pembuatan Body Kit Profesional

Jika kamu tertarik untuk membuat body kit untuk mobil kesayangan maka bisa mencari rekomendasi bengkel body custom terpercaya. Hal ini sangat penting untuk mendapatkan hasil maksimal namun dari segi harga sangat terjangkau.

Salah satu bengkel yang paling sering direkomendasikan karena terbukti dari hasil pengerjaan rapi dan detail adalah Oke Body Repair. Sebagai bengkel yang sudah melayani berbagai jenis body repair selama lebih dari 10 tahun tentu pengalaman kami tidak perlu diragukan.

Tidak hanya melayani body custom saja namun berbagai jenis perbaikan seperti penyok, baret halus, setting bumper hingga tabrakan. Bisa kami kerjakan dengan waktu sangat cepat dan dapatkan harga terbaik dari kami.

Mungkin kamu penasaran kenapa harus menggunakan bengkel kami Oke Body Repair dibandingkan dengan bengkel sejenis. Tentu saja karena Oke Body Repair akan memberikan pelayanan terbaik, menggunakan bahan berkualitas serta mendapatkan jaminan garansi.

Jika penasaran dengan layanan apa saja yang kami sediakan maka bisa mengakses website resmi Oke Body Repair di link https://okebodyrepair.com/. Hubungi kami sekarang juga dengan menghubungi nomor telepon 0812-5972-7788, kami siap melayani body custom sesuai pesanan dengan memeberikan hasil yang tidak akan mengecewakan.