Langkah-langkah Body Repair Mobil di Bengkel Terbaik

Langkah-langkah Body Repair Mobil di Bengkel Terbaik

Langkah-langkah Body Repair Mobil di Bengkel Terbaik – Langkah-langkah body repair harus dilakukan dengan tepat agar mobil yang tergores atau penyok bisa kembali seperti baru. Reparasi juga termasuk pengecatan menggunakan teknik tertentu sehingga warna tampak mengkilap dan tidak berjamur maupun keropos.

Oleh karena itu, memilih bengkel mobil terpercaya sangat penting agar setiap prosesnya dilakukan secara profesional dan menggunakan bahan berkualitas. Dengan begitu, kamu juga tidak akan rugi mengeluarkan biaya untuk perbaikan.

Penting kamu ketahui bahwa tidak semua bengkel bisa memperbaiki badan mobil, terkadang hanya menerima perbaikan pada mesin. Jadi sebaiknya, pastikan bengkel memang bisa mereparasi menggunakan langkah-langkah body repair yang tepat.

Biaya yang harus kamu keluarkan juga berbeda, tergantung dengan kerusakannya serta bengkel pilihan kamu. Misalnya saja bengkel OKE BODY REPAIR yang menawarkan harga ekonomis namun hasilnya tetap maksimal dan memuaskan.

Baca juga : Ingin Cat Body Repair? Pahami Dulu Beberapa Hal Penting Ini

Langkah-langkah Body Repair di Bengkel

Ketika memperbaiki badan mobil, biasanya bengkel akan melakukan langkah-langkah untuk body repair agar hasilnya lebih maksimal. Berikut adalah proses perbaikan badan kendaraan roda empat yang tergores atau penyok agar kembali seperti baru.

1.     Proses Pengecekan

Seperti sudah dijelaskan sebelumnya, beberapa bengkel hanya menerima perbaikan mesin mobil. Jika kamu sudah memastikan memilih layanan jasa menerima perbaikan badan mobil, proses pertama yang akan dilakukan adalah dengan melakukan pengecekan.

Hal ini dilakukan karena ada banyak sekali bentuk kerusakan pada badan mobil, selain itu penyebabnya juga berbeda-beda. Setiap kerusakan dan penyebabnya akan ditangani menggunakan metode tertentu yang dianggap paling tepat.

Misalnya saja, badan kendaraan penyok bisa jadi karena benturan atau kecelakaan sehingga perlu langkah-langkah body repair yang tepat untuk mengembalikannya. Apalagi, baik benturan besar maupun kecil, pasti akan tetap meninggalkan bekas di badan kendaraan.

Hal ini juga sering terjadi pada mobil baru karena memiliki rangka lebih ringan sehingga lebih mudah mengalami kerusakan. Jika terjadi kerusakan seperti itu, tentu akan membuat kendaraan kamu menjadi tidak enak dipandang.

Ada beberapa pengecekan yang akan dilakukan pada proses pertama langkah-langkah body repair sebelum perbaikan kendaraan roda empat. Berikut adalah beberapa hal yang akan diperiksa oleh mekanik.

  • Pengecekan dilakukan pada kap mobil untuk memastikan komponennya masih bisa digunakan dengan baik atau tidak. Pemeriksaan dilakukan secara terperinci, termasuk di bagian dalamnya.
  • Pengecekan juga perlu dilakukan pada bagian atas roda ban depan, sekaligus panel lain yang mungkin ada kerusakan tanpa disadari.
  • Selanjutnya adalah pengecekan pada pintu mobil, juga sangat penting dilakukan untuk mengetahui apakah pintunya tertutup erat atau ada kelonggaran.
  • Pintu bagian belakang atau bagasi juga tidak boleh disepelekan dan harus dilakukan pengecekan untuk mengetahui komponennya bekerja dengan baik.
  • Terakhir adalah pengecekan bagian atap mobil yang harus dilakukan secara detail agar hasilnya bisa lebih maksimal.

Setelah melakukan pengecekan secara mendetail, maka mekanik akan mengetahui tingkat kerusakan pada kendaraan roda empat. Melalui proses awal langkah-langkah body repair ini, mekanik juga bisa memperhitungkan perkiraan biaya yang perlu kamu keluarkan.

Seperti sudah dijelaskan sebelumnya, biaya perbaikan tergantung dengan tingkat kerusakan pada kendaraannya. Semakin parah dan banyak panel yang perlu diperbaiki, maka akan kamu juga harus mempersiapkan budget lebih besar.

Selain itu, setiap bengkel biasanya juga menawarkan harga dan kebijakan masing-masing. Kamu perlu memilih layanan jasa paling sesuai dengan kebutuhan karena bengkel umum, resmi maupun menawarkan harga yang berbeda-beda.

Rekomendasi terbaik tentu saja OKE BODY REPAIR sebab menawarkan harga terjangkau dan hasil maksimal. OKE BODY REPAIR memiliki mekanik berpengalaman sehingga melewati langkah-langkah body repair dengan profesional dan hasil maksimal.

Setelah mengetahui kerusakannya dan biaya yang perlu dikeluarkan, kamu tinggal menyetujui untuk dilakukan perbaikannya. Setelah itu, mekanik akan mulai proses selanjutnya sesuai catatan yang ada.

2.     Proses Perbaikan

Langkah-langkah body repair selanjutnya adalah proses perbaikan ke bengkel khusus reparasi mobil. Pastikan bengkelnya memiliki alat memadai sehingga apapun kerusakannya bisa diperbaiki menggunakan metode atau teknik paling tepat dan sesuai kebutuhan.

Ketika mekanik melakukan pengecekan, biasanya juga sekaligus memberikan tanda pada panel-panel yang harus diperbaiki. Hal ini akan memudahkan dalam mencari metode paling tepat dan melakukan perbaikan.

Hal pertama perlu dilakukan pada proses perbaikan adalah dengan mengembalikan bentuk badan mobil yang penyok. Cara mengembalikan penyok ke bentuk awal juga sekaligus pendempulan untuk nantinya menuju proses berikutnya, yaitu pengecatan.

Ada beberapa kerusakan cukup sering terjadi dan perlu dilakukan langkah-langkah body repair agar bisa segera direparasi. Berikut adalah beberapa kerusakan yang dapat diperbaiki oleh bengkel reparasi terpercaya.

·       Penyok

Masalah satu ini bisa langsung terlihat ketika proses pengecekan, yaitu perubahan bentuk yang bisa merusak badan mobil karena adanya benturan. Meskipun umumnya tidak sampai merusak badan mobil, namun penyok tetap harus diperbaiki agar bentuknya kembali normal.

Jika penyok masih tergolong ringan, kamu mungkin bisa langsung memperbaikinya dengan disiram air panas, menggunakan hair dryer, atau lainnya. Namun jika termasuk sedang hingga parah dan ada di bagian rumit, sebaiknya segera bawa ke OKE BODY REPAIR untuk diperbaiki.

Langkah-langkah body repair di bengkel mobil profesional tidak hanya mengembalikan badan kendaraan penyok, namun juga dilakukan pembersihan. Pembersihan ini dilakukan untuk menghilangkan karat yang ada di mobilnya.

·       Ganti Kaca Mobil

Kaca mobil merupakan salah satu komponen yang bisa mengalami kerusakan, seperti pecah, tergores, hingga berjamur. Mengganti kaca mobil juga termasuk dalam perbaikan body repair karena masih berada di sisi badan kendaraan.

Jika benturan yang terjadi cukup kuat hingga membuat kacanya pecah, maka bisa dianggap kerusakan berat. Mengganti kacanya sendiri membutuhkan biaya cukup besar, tergantung jenis kualitas kaca yang kamu pilih.

·       Perbaikan Bumper

Perbaikan lainnya pada bagian bodi kendaraan roda empat adalah bumber, umumnya kerusakan terjadi karena benturan. Perbaikannya sendiri tergantung dengan kondisi bumbernya, bisa mengganti panel bumper atau dibentuk normal lagi.

Langkah-langkah body repair memperbaiki bumper dengan dibentuk kembali hanya bisa dilakukan menggunakan alat khusus. Mekanik biasanya akan mempertimbangkan penggantian atau dibentuk kembali bumpernya tergantung kerusakan yang terjadi.

3.     Proses Pengecatan

Bisa dikatakan pengecatan merupakan tahapan finishing dari body repair kendaraan roda empat. Pada tahap ini, permukaan mobil sudah kembali seperti normal dan mekanik akan mengecat mobilnya dalam beberapa lapisan.

Setiap lapisan cat yang diaplikasikan pada langkah-langkah body repair ini menggunakan jenis dan fungsi berbeda-beda. Berikut adalah beberapa lapisan yang digunakan untuk mengecat kendaraan roda empat.

·       Cat dasar primer

Cat primer menjadi lapisan pertama setelah mobilnya diamplas dan didempul, fungsinya menambah daya lekat antara bahan metal dan cat tahap berikutnya. Catnya sendiri mengandung pigmen yang dapat mencegah terjadinya karat.

Kombinasi cat dasar primer dengan perekat memiliki daya tahan terdapat material besi maupun baja. Oleh karena itulah jenis cat ini bisa memberikan perlindungan terhadap udara dan juga air.

·       Cat Surfacer

Lapisan kedua proses pengecatan pada langkah-langkah body repair memiliki fungsi sebagai pengisi bagian yang penyok dan menutup goresan. Fungsi lainnya adalah sebagai perekat cat sebelumnya dengan lapisan berikutnya, juga mencegah penyerapan pengecatan akhir.

·       Top Coat

Tahap terakhir dalam pengecatan body repair adalah top coat atau clear coat sehingga hasilnya bisa glossy maupun doff. Dalam pengaplikasiannya, lapisan ini memberikan perlindungan seperti sinar UV.

Ada beberapa permasalahan yang bisa diatasi menggunakan teknik pengecatan dengan cara tepat. Berikut adalah beberapa masalah yang dapat dicegah dan diatasi menggunakan lapisan-lapisan cat dengan bahan terbaik dari OKE BODY REPAIR

·       Berkarat

Permasalahan yang perlu perbaikan dalam langkah-langkah body repair adalah mobil berkarat. Biasanya karat terjadi karena badan mobil yang terbuat dari logam mendapat pengaruh asam pada udara maupun kelembaban lingkungan.

Karat bisa dicegah menggunakan cat anti-karat yang melindungi dari zat asam dari lingkungan. Apalagi jika mobil sudah berkarat, maka akan sulit untuk menghilangkannya dan membutuhkan jasa reparasi terpercaya seperti OKE BODY REPAIR.

·       Berjamur

Bukan hanya karat saja yang membutuhkan langkah-langkah body repair, namun juga jamur munculnya pada badan mobil. Jamur sendiri bisa muncul karena kendaraan terlalu lembab lalu dibiarkan mengering sendiri.

Pencegahan jamur bisa dilakukan dengan mengeringkan badan kendaraan roda empat yang lembab menggunakan handuk atau sejenisnya. Selain itu, cara ampuh lain mencegah adanya jamur adalah dengan menggunakan cat anti-jamur.

Rekomendasi Tempat Body Repair Terbaik

Memilih bengkel reparasi kendaraan roda empat memang harus terbaik dan terpercaya agar memberikan hasil terbaik. Bukan itu saja, pastikan bahwa bengkel memiliki tenaga kerja ahli dan berpengalaman sehingga langkah-langkah body repair dilakukan dengan tepat.

OKE BODY REPAIR merupakan rekomendasi terbaik untuk kamu yang memiliki permasalahan pada badan mobil. Tidak hanya memiliki tenaga berpengalaman, kami juga menggunakan bahan-bahan berkualitas sehingga lebih awet dan tahan lama.

Tenaga kerja kami sudah memiliki pengalaman hingga lebih dari 10 tahun dan telah memiliki pengalaman memperbaiki berbagai macam mobil. Hal ini tentu saja menjadi nilai tambah layanan jasa kami sebab hasilnya akan lebih memuaskan.

OKE BODY REPAIR melayani berbagai perbaikan pada badan kendaraan khusus roda empat. Beberapa di antaranya adalah goresan halus/dalam, setting body kit, penyok, kerusakan karena tabrakan, setting bumper, hingga body custom.

Bengkel kami tidak hanya melayani perbaikan badan kendaraan roda empat, namun juga pengecatan, perawatan interior, hingga restorasi mobil. Finishing dalam langkah-langkah body repair menggunakan teknik salon atau detailing sehingga warnanya lebih baik.

Tidak perlu khawatir dengan harga, sebab OKE BODY REPAIR menawarkan harga yang ekonomis dan terjangkau, namun tetap masuk akal. Meskipun lebih murah, namun kualitasnya lebih baik sebab bahan dan pengalaman mekanik sama.

Selain memberikan harga yang terjangkau dan kualitas terbaik, kami juga memberikan layanan lainnya berupa garansi perbaikan. Garansinya sendiri cukup mudah kamu klaim dengan syarat dan ketentuan berlaku.

Sekarang tidak perlu bingung lagi mencari bengkel reparasi untuk wilayah Depok, Jaksel, dan Tangerang Selatan. Kami siap membantu mengembalikan badan mobil yang mengalami kerusakan sehingga bisa kembali seperti semula.

Kami sudah terbukti memberikan pelayanan terbaik dan review positif dari pelanggan, kamu bisa melihatnya dari website Oke Body Repair. Kamu juga bisa menghubungi nomor HP bengkel 0812-5972-7788 untuk informasi lebih lanjut.

Memperbaiki badan mobil yang mengalami kerusakan memang tidak sembarangan dan harus melalui beberapa proses. Oleh sebab itu, penting mencari bengkel reparasi terpercaya agar langkah-langkah body repair dilakukan dengan tepat.